oleh

Lionel Messi Hat-Trick, Barcelona Tundukkan Valencia

Lionel Messi Hat-Trick
Lionel Messi Hat-Trick

Barcelona memetik kemenangan berharga untuk bisa tetap dominan di klasemen La Liga Spanyol di jornada tiga, dengan menundukkan Valencia dengan skor 3-2, Senin (2/9) dinihari WIB.

Laga di Mestalla itu berlangsung dengan seru dan dramatis. Banyak peluang tercipta dan lima gol yang menarik.

Babak I

Barcelona menurunkan komposisi terbaik mereka di sektor depan, yaitu trio Pedro, Lionel Messi dan Neymar. Alhasil, ketika laga baru memasuki menit sepuluh, Barcelona bisa unggul.

Cesc Fabregas menjadi aktor gol tersebut dengan mengirimkan umpan kepada Messi, yang menyontek bola melewati Diego Alves untuk membawa timnya memimpin 1-0.

Valencia berusaha membalas dengan meladeni permainan kaki ke kaki yang diperagakan Barcelona. Kesempatan terbuka pertama dimiliki di menit 36.

Pabon melepas tendangan ke arah gawang Barcelona, namun Victor Valdes masih sigap mengamankan gawangnya.

Tapi dua menit kemudian, Valecia kecolongan. Messi kembali mencetak gol setelah Ever Banega sebelumnya kehilangan bola saat berada di tengah lapangan. Messi, dengan aksi individunya, tak kesulitan untuk kembali mengecoh Diego Alves.

Aksi Messi belum berakhir. Di menit 41, pemain Argentina itu mencetak gol ketiganya di pertandingan ini dengan menyontek bola kiriman Neymar. 3-0 buat Barcelona.

Valencia berhasil memperkecil ketertinggalan di menit-menit akhir lewat dua gol Helder Postiga. Gol pertama dilesakkan dengan indah lewat tendangan voli akrobatik. Gol keduanya dicetak dengan menyambut umpan sudut dari Banega.

Neymar nyaris mencetak gol jika saja lebih terarah menempatkan bola kiriman Pedro. Skor 3-2 pun bertahan hingga turun minum.

Babak II

Barcelona belum menurunkan tempo permainan mereka di paruh kedua. Peluang untuk memperbesar keunggulan pun tercipta di menit 56.

Messi kembali menjadi pemain yang memberikan ancaman dengan tendangannya. Beruntung bagi Valencia karena Alves masih sigap menghalau bola.

Empat menit kemudian, Messi gagal memaksimalkan kerja sama apiknya dengan Fabregas karena bola hasil tendangannya melenceng. Pedro juga tak ketinggalan memberikan ancaman. Namun nasibnya sama dengan Messi, gagal menyarangkan bola ke gawang Alves di ment 62.

Valencia juga tak ketinggalan membuka kesempatan mencetak gol lewat Dego Costa di menit 79. Sayang sundulannya berhasil dihalau lini belakang Barcelona.

Di sepuluh menit terakhir laga, setidaknya ada lima kesempatan gol tercipta. Yang pertama di menit 83 lewat tendangan Messi yang hanya mengenai mistar, disusul sepakan berikutnya yang masih bisa dibendung Alves.

Di menit 86, giliran Valdes yang menyelamatkan bola sepakan Jonas. Tapi, Alves kembali mencuri perhatian dengan mementahkan tendangan Cristian Tello dan Messi di menit 88.

Memasuki injury time, Valdes membuat penyelamatan penting dengan menangkap bola kiriman Costa. Skor 3-2 buat kemenangan Barcelona pun terjaga.

Dengan hasil ini, Barcelona telah mengoleksi sembilan angka, menyamak pendapatan Atletico Madrid, Villarreal dan Real Madrid. Sementara Valencia sejauh ini hanya mendapat tiga angka.

Susunan Pemain:
Valencia – Alves, Pereira, Rami, Costa, Guardado, Fuego, Michel (Parejo 82), Pabon, Banega (Jonas 68), Canales (Feghouli 68), Postiga

Barcelona – Valdes, Alves, Pique, Mascherano, Alba, Busquets, Iniesta, Fabregas (Jonathan 80), Pedro (Tello 720, Neymar (Roberto 90), Messi