Liga Primer Inggris: Manchester City – Manchester United

Manchester City - Manchester United

Dari backheel Denis Law yang terkenal hingga koin melayang ke kepala Rio Ferdinand, derbi Manchester selalu jadi laga yang menarik dan hidup. Kali ini, pendulum mengarah ke sisi timur kota Manchester dan Manchester City akan menjamu Manchester United di Etihad Stadium. Kota Manchester pun akan kembali panas esok Minggu (22/9).

Sempat bersaing di papan tengah beberapa dekade lalu, kedua klub ini akhirnya kembali memperebutkan gelar juara dalam dua tahun terakhir. Sama halnya dengan tahun ini, dua raksasa Manchester ini siap bersaing untuk berebut gelar.

Tak lupa dalam derbi esok Minggu, fokus pun terarah pada dua manajer anyar yang akan memberi instruksi dari pinggir lapangan: Manuel Pellegrini dan David Moyes.

Pellegrini menggantikan posisi Roberto Mancini dan Moyes didaulat untuk meneruskan supremasi Sir Alex Ferguson. Kedua pria ini pun akan bersitegang dalam derbi Manchester yang sarat emosi dan kontroversi, menentukan siapa yang terbaik di Manchester.

Pellegrini yang baru akan merasakan atmosfer derbi ini pun sadar akan tekanan dan seberapa pentingnya laga ini.

“Saya tak perlu hadir di sini untuk mengetahui seberapa besar derbi ini,” tutur Pellegrini. “Laga kontra Manchester United di kandang adalah laga yang harus dimenangkan.”

Kapten Vincent Kompany telah kembali bermain pertengahan pekan ini, sementara Gael Clichy kemungkinan tidak bermain karena mengalami cedera ringan.

Bek baru Martin Demichelis pun masih belum pulih sejak awal bulan ini, namun lini belakang the Citizens masih punya Matija Nastasic yang diperkirakan akan tampil. David Silva yang sempat absen dalam dua laga terakhir juga sudah siap untuk kembali beraksi.

Di dapur tim tamu, Nani dan Shinji Kagawa sudah hampir pulih betul, dan Darren Fletcher sudah ikut berlatih setelah menjalani operasi. 

Red Devils pun akan memiliki opsi serangan yang lebih variatif menyusul pulihnya Danny Welbeck. Wayne Rooney -yang sudah membobol gawang City 10 kali- juga sedang berada dalam kondisi prima dan siap kembali membobol Joe Hart. Namun Rafael dan Phil Jones masih diragukan tampil menyusul cedera yang dialami.

KEMUNGKINAN LINE-UP

MANCHESTER CITY
Liverpool
Hart
Zabaleta, Nastasic, Kompany, Kolarov
Fernandinho, Toure, Navas, Silva, Aguero
Dzeko

MANCHESTER UNITED

De Gea
Smalling, Ferdinand, Vidic, Evra
Carrick, Fellaini, Valencia, Young
Rooney, van Persie

TAHUKAH ANDA?
  • Laga besok Minggu adalah pertemuan ke 165 kedua raksasa Manchester ini, yang ketiga belas di Eastlands.
  • Dari 165 laga, United menang 70 kali, City menang 45 kali, dan sisanya adalah seri.
  • Laga pertama antara dua tim Manchester ini berlangsung pada November 1881.
  • 57 tahun lalu, di tanggal yang sama, United menang 2-0 atas City di Old Trafford.
  • Red devils sudah membobol gawang Citizens 244 kali, danCitizens 224 kali membobol setan merah.
  • Rekor kemenangan Manchester United adalah menang 5-0 di Old Trafford pada 10 November 1994.
  • Sementara rekor City adalah menang 6-1 di Old Trafford pada Januari 1926 dan Oktober 2011.
  • Ryan Giggs adalah pemain yang paling banyak tampil dalam derbi ini, dengan torehan 36 laga bersama United.
  • Peter Schmeichel pernah membela kedua tim Manchester ini, namun sama sekali tak pernah menelan kekalahan dalam derbi Manchester.
  • Pencetak gol terbanyak bagi United dalam derbi ini adalah Wayne Rooney dengan 10 gol, setara dengan Joe Hayes dan Francis Lee dari City.

Prediksi berita7up.com: Manchester City 2-1 Manchester United