oleh

Kompetisi DFB-Pokal Mulai Terapkan Substitusi Pemain Keempat

DFB-Pokal telah mendapat izin untuk memperkenalkan substitusi pemain keempat. Artinya, setiap tim boleh menurunkan pemain pengganti keempat jika laga dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Aturan itu akan mulai diterapkan pada babak ketiga (16 besar) DFB-Pokal yang akan digelar pada 7 dan 8 Februari 2017 dan akan berlaku penuh mulai musim 2017/18.

Federasi Sepakbola Jerman (DFB) sebelumnya telah mengajukan usulan tersebut kepada Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) yang akhirnya dikabulkan pada Jumat (2/12).

Wakil presiden DFB Peter Frymuth menyambut positif kabar tersebut dan mengisyaratkan aturan ini bukan tidak mungkin akan diterapkan di kompetisi lain. “Kami senang bahwa semua klub [di DFB-Pokal] kini bisa mendapat keuntungan dari aturan ini,” terang Frymuth.

Substitusi pemain keempat ini pernah diujicobakan di Olimpiade Rio 2016 dan bakal diterapkan di Piala Dunia Antarklub 2016 pada bulan ini. Sepakbola Inggris juga berencana mengadaptasi aturan ini mulai perempat-final Piala FA musim ini.