Klub Italia Harus Cetak Pemain Juara untuk Timnas Piala Dunia

Pelatih Italia Cesare Prandelli menuntut agar klub-klub di Negeri Pizza segera mencetak pemain juara dibandingkan membeli pemain jadi yang berimbas kepada performa tim nasional.

Menurut Prandelli, selama ini banyak klub di Italia, terutama Serie A, yang mendatangkan pemain asing. Prandelli menilai, sebetulnya Italia mempunyai banyak talenta berbakat, hanya saja tidak pernah dimaksimalkan.

“Italia punya potensi hebat, tapi kita harus tetap berpegang kepada beberapa aturan, tujuan, dan menempatkan kita kembali ke jalurnya. Tidak perlu lagi menunggu, karena sudah tiba saatnya menabur benih untuk kesuksesan masa depan,” ujar Prandelli dalam wawancaranya dengan Gazzetta dello Sport.

“Jika Anda tidak bisa membeli [pemain] juara, maka Anda harus mencetak mereka. Ini sebabnya saya secara konsisten mendesak pengembangan pemain muda di akademi. Di sana lah seharusnya kita berinvestasi.”

Prandelli mengakui tugasnya sebagai pelatih Italia menjadi sulit akibat peranan para pemain asing, sementara pemain muda lokal tidak mendapatkan kesempatan untuk bersinar.

“Permasalahannya tidak terletak pada diri saya, tapi sepakbola Italia. Ketika kami tiba di Brasil, dan lagu kebangsaan diperdengarkan, kita tidak bisa komplain Azzurri punya sedikit pengalaman internasional. Setiap pelatih tentunya ingin melatih tim nasional yang berisikan pemain berpengalaman di level klub, dan dimasukkan ke dalam tim,” kata Prandelli.

“Di kasus saya, justru kebalikannya. Saya harus memanggil 60 pemain, karena begitu sedikit untuk bisa mengukur mereka melawan yang terbaik di Eropa. Jika pun ada, bermain untuk Italia membuat para pemain ini memiliki pengalaman internasional.”

“Brasil mempersiapkan diri, dan memenangi Piala Konfederasi dengan memberikan prioritas kepada Selecao. Tahun lalu, mereka [FIGC] merencanakan Piala Super Italia di Beijing empat hari sebelum laga internasional FIFA.”