oleh

Jerman bisa mencuri keunggulan atas Inggris di Wembley Skor Akhir 1-0

Setelah sempat bermain imbang melawan Italia di San Siro pekan lalu, Jerman berhasil mendapatkan kemenangan kala dijamu Inggris di Wembley pada Rabu (20/11) dinihari WIB.

Adalah gol tunggal Per Mertesacker di pertengahan babak pertama yang memastikan keunggulan Jerman atas Inggris di laga uji coba jelang Piala Dunia 2014 itu.

Bagi Joachim Low, kemenangan tersebut bisa jadi merupakan hasil yang memuaskan mengingat di partai tersebut dia menurunkan skuat yang bukan biasanya.

Sementara Roy Hodgson harus tahu bahwa masih banyak hal yang harus dilakukannya untuk kembali memperkuat dan mempersiapkan Inggris guna tampil di turnamen akbar sepakbola di tahun depan.

Babak I

Jerman memulai laga dengan lambat, yang juga diladeni oleh skuat Inggris. Kedua tim sepertinya masih meraba-raba kekuatan lawan.

Tapi setelah sepuluh menit laga berjalan, pemain dari kedua tim mulai berani menguji peruntungan. Daniel Sturridge dan Heiko Westermann menjadi pemain yang pertama mewakili tim mereka melepas tendangan ke arah gawang.

Dan setelah beberapa kali berganti serangan, gol akhirnya tercipta di menit 39. Per Mertesacker menjadi pencetak gol buat Jerman dengan sundulannya, memaksimalkan umpan silang Toni Kroos.

Skuat asuhan Roy Hodgson tak tinggal diam. Steven Gerrard menguji Roman Weidenfeller dengan tendangan jarak jauhnya, tapi masih terbang di atas mistar gawang Jerman.

Skor 0-1 untuk Jerman pada akhirnya menjadi hasil final hingga turun minum.

Babak II

Memasuki 45 menit kedua, sejumlah perubahan dilakukan Joachim Low di skuat Jerman, dengan memasukkan Mats Hummels menggantikan Jerome Boateng dan Marcell Jansen mengisi tempat Marcel Schmelzer. Sementara Hodgson bertahan dengan skuatnya.

Gerrard langsung mengancam, tapi belum menemui hasil. Sementara Joe Hart membuat penyelamatan penting di menit 49 dengan memblok tendangan Marco Reus.

Mertesacker kembali mengancam dengan memaksimalkan keuntungan tinggi badan dan momen yang pas menyambut umpan Kroos dengan kepalanya. Bola masih di atas mistar gawang Inggris.

Di menit 63, Daniel Sturridge harus melihat tendangannya diblok. Joe Hart juga berhasil meninju bola kiriman Gotze ke gawangnya.

Sturridge dan Jordan Henderson kembali mendapat kesempatan menyamakan kedudukan, tapi masih juga belum bisa menembus gawang Weidenfeller.

Mendekati akhir laga, Inggris malah kehilangan banyak bola. Sementara Jerman berusaha terus menekan. Tapi, hingga akhir laga, skor 1-0 tak berubah.

Susunan Pemain
Inggris: Joe Hart, Kyle Walker, Ashley Cole, Chris Smalling, Phil Jagielka, Steven Gerrard, Adam Lallana, Tom Cleverley, Wayne Rooney, Andros Townsend, Daniel Sturridge

Jerman: Roman Weidenfeller, Marcel Schmelzer, Per Mertesacker, Jerome Boateng, Heiko Westermann, Sven Bender, Lars Bender, Toni Kroos, Mario Gotze, Marco Reus, Max Kruse