oleh

Italia vs Bulgaria Diselamatkan Buffon dan Gilardino

Alberto Gilardino Menangkan Italia
Alberto Gilardino Menangkan Italia

Italia mencatat kemenangan di kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup B kala menjamu Bulgaria di Estadio Renzo Barbera, Palermo, Sabtu (7/9) dinihari WIB.

Adalah gol tunggal striker veteran Alberto Gilardino di pertengahan babak pertama yang memastikan kemenangan Italia di laga ini.

Adalah gol tunggal striker veteran Alberto Gilardino di pertengahan babak pertama yang memastikan kemenangan Italia di laga ini.

Penyerang Italia itu bahkan sudah memberikan ancaman sejak detik ke-32. Namun usaha pertamanya masih belum membuahkan hasil.

Andrea Pirlo juga sempat mengancam dengan tendangan jarak jauhnya, sama dengan Stanislav Manolev di kubu yang berbeda. Akan tetapi hasilnya masih sama, belum ada gl tercipta.

Gianluigi Buffon juga beberapa kali melakukan penyelamatan penting, di antaranya memblok tendangan keras Alexander Tonev.

Daniele De Rossi membalas dengan drive keras dari luar kotak penalti. Hasilnya juga belum ada.

Gilardino yang pada akhirnya memecah kebuntuan. Di menit 37, Gilardino berhasil menyambut umpan silang Antonio Candreva dengan kepalanya, yang membuat koleksi golnya bersama Italia menjadi 19 gol.

Gilardino juga nyaris mencetak gol keduanya jika saja sundulannya, menyambut umpan Luca Antonelli, tak ditepis Mihaylov.

Di paruh kedua, dominasi Italia berlanjut. Tapi tekanan terhadap gawang Buffon juga bertambah.

Kiper Juventus itu dipaksa jatuh bangun membendung usaha pemain Bulgaria untuk menyamakan kedudukan, salah satunya dengan meninju bola sepakan Ivelin Popov dari jarak dekat.

Sunduland Dimitar Rangelov dari jarak dekat juga berhasil dimentahkan Buffon. Bola liar sempat dimaksimalkan Georgi Iliev, tapi Thiago Motta sigap mengamankan gawang Italia.

Di menit 73, Gilardino nyaris menggandakan keunggulan jika saja Modurov tidak membuang bola, yang mendekati garis gawang.

Bulgaria terus menekan, namun pada akhirnya Italia bisa memperlebar jarak menjadi tujuh angka di puncak klasemen Grup B.

Susunan Pemain:
Italia: Buffon; Abate (Maggio 80), Bonucci, Chiellini, Antonelli (Astori 62); Thiago Motta, Pirlo, De Rossi; Candreva, Insigne (Giaccherini 63); Gilardino

Bulgaria: Mihaylov; Y Minev, Bodurov, Ivanov, V Minev; Dyakov (Delev 75); Manolev, G Iliev (Manolev 55), Gadzhev, Popov; Tonev (Rangelov 60)