oleh

Italia Lolos Ke Piala Dunia 2014

Italia Amankan Tiket Piala Dunia
Italia Amankan Tiket Piala Dunia

Tampil di hadapan publik sendiri, Italia sempat kesulitan membendung serangan balik yang kerap kali dilancarkan Republik Ceko. Skor 1-0 untuk Ceko pun menutup babak pertama laga kualifikasi Piala Dunia 2014, Rabu dinihari(11/9) WIB, di Juventus Stadium, Turin.

Namun, dua gol tim Italia yang dicetak oleh Giorgio Chiellini dan Mario Balotelli di babak kedua membatalkan kemenangan tim tamu. Balotelli yang mencetak gol kedua bagi Azzurri melalui titik putih sekaligus mempertahankan rekor 100% penalti penyerang Milan itu.

Babak pertama
Italia mendominasi menit-menit awal pertandingan. Beberapa ancaman pun mampu diluncurkan oleh Mario Balotelli dkk, namun masih bisa diantisipasi oleh barisan pertahanan lawan. Kendati begitu, Republik Ceko tak mau kalah dan kerap kali melancarkan serangan balik walau beberapa kali terjebak offside.

Kejutan terjadi di menit ke-19. Walau tim tuan rumah mendominasi, Ceko justru lebih dulu mencetak gol melalui serangan balik. Umpan silang Petr Jiracek dari sisi kiri lapangan dimanfaatkan oleh Kozak dengan baik. Tendangannya sukses membobol gawang Gianluigi Buffon yang kali ini mencatatkan penampilan ke-136 bagi Italia.

Tertinggal satu gol, Italia tak mengendurkan serangan. Gli Azzurri pun kembali mengancam gawang Ceko melalui Balotelli. Menerima umpan dari Giaccherini di sisi kanan pertahanan Ceko, penyerang Milan itu melepaskan tendangan dari posisi yang tak terkawal, namun sepakannya masih membentur tiang gawang.

Terus mengancam pertahanan Ceko, Balotelli malah melakukan aksi kontroversial. Ujung tombak Italia ini mendapat kartu kuning setelah dengan sengaja menginjak kaki Tomas Sivok. Beruntung ia tidak dikeluarkan dari lapangan.

Tujuh menit kemudian, Balotelli kembali mendapat peluang emas. Kali ini, Super Mario melayangkan tandukan keras, namun masih bisa diblok oleh Petr Cech. Ceko kembali melakukan serangan balik di menit-menit akhir, namun masih bisa dimentahkan oleh lini belakang Italia.

Babak Kedua
Baru enam menit paruh kedua berlangsung, Azzurri sudah menyamakan kedudukan melalui Giorgio Chiellini. Bermula dari tendangan sudut Andrea Pirlo, bek Juventus itu melayangkan tandukan keras yang tak mampu dihalau pertahanan Ceko.

Dua menit berselang, Gebre Selassie menjatuhkan Balotelli di kotak terlarang, wasit pun menunjuk titik putih. Balotelli menjadi eksekutor dan sukses memperdaya Petr Cech. Tendangannya tak terbendung bersarang di sudut kanan bawah gawang Cech. Rekor 100% sukses penalti Super Mario pun kembali berlanjut.

Gol penalti Balotelli tampaknya meruntuhkan semangat tim tamu. Hal ini terbukti dengan dominasi Italia yang semakin menjadi. Tempo permainan melambat, Italia lebih memilih main aman sementara Ceko kehilangan tajinya sejak Rosicky ditarik keluar.

Pasqual ditarik keluar pada menit ke-76 setelah mengalami luka di kepala akibat duel udara dengan Kozak. Angel Ogbonna pun masuk sebagai pemain pengganti. Cesare Prandelli jelas memperkuat pertahanan timnya dan tak mau kehilangan kemenangan yang sudah di depan mata.

Keadaan semakin buruk bagi Ceko setelah Daniel Kolar dikartu merah. Pemain Ceko itu mendapat kartu kuning kedua setelah mengganjal Balotelli yang tengah beraksi. Ceko yang semangatnya mulai runtuh pun semakin putus asa dengan sepuluh pemain.

Tambahan waktu empat menit mewarnai laga ini. Ceko pun mulai mendominasi di menit-menit akhir, namun semuanya sudah terlambat. Peluit panjang pun dibunyikan dan skor 2-1 bertahan hingga akhir.

Dua gol yang dicetak oleh Chiellini dan Balotelli pada babak kedua sukses menundukkan Ceko. Italia secara otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil walau masih tersisa dua laga. Azzurri pun memimpin klasemen Grup B dengan poin 20, tak terkejar lagi oleh Bulgaria.

SUSUNAN PEMAIN
Italia: 
Buffon; Bonucci, De Rossi, Chiellini; Maggio, Montolivo, Pirlo, Pasqual; Candreva, Giaccherini; Balotelli
Sub: Marchetti, Sirigu, Astori, Ogbonna, Florenzi, Thiago Motta, Verratti, Diamanti, Gilardino, El Shaarawy, Osvaldo, Insigne

Republik Ceko: 
Cech; Gebre Selassie, Sivok, Suchy, Limbersky; Prochazka; Plasil, Darida, Rosicky; Jiracek, Kozak 
Sub
: Vaclik, Drobny, Kadlec, Vanek, Kusnir, Husbauer, Kolar, Rabusic, V Kadlec, Lafata