oleh

Italia Kembali Raih Hasil Imbang 2-2 atas Nigeria

Laga uji coba internasional mempertemukan juara dunia empat kali, Italia, dengan juara terbaru Afrika, Nigeria, di Craven Cottage, London, Selasa (19/11) dini hari WIB.

Gli Azzurri berusaha untuk memutus pacekelik kemenangan dalam tiga laga internasional terakhir mereka dengan menghempaskan Nigeria. Namun dalam partai ini, sang pelatih Cesare Prandelli lebih mengedepankan pemain pilihan kedua, termasuk di poisisi kiper yang ditempati Salvatore Sirigu.

Babak Pertama

Secara mengejutkan kedua tim menunjukkan penampilan terbuka sejak sepakan awal dimulai. Italia terlihat lebih mendominasi laga, meski peluang emas pertama lahir dari gelandang Liverpool, Victor Moses, lewat sepakan melencengnya pada menit ke lima.

Setelah peluang itu, Italia seakan gugup dan sering kehilangan bola kala membangun serangan. Namun semuanya pecah kala Giuseppe Rossi membuka skor pada menit ke 12. Secara cermat ia merampungkan umpan manis Balotelli untuk menaklukkan Austin Ejide, 1-0 untuk Italia.

Nigeria kemudian memberikan reaksi dengan mengurung pertahanan Italia, resikonya adalah serangan balik nan mematikan milik La Nazionale. Hal itu terbukti dengan lahirnya peluang Antonio Candreva dan Mario Balotelli yang nyaris berbuah gol.

Terus mendominasi jalannya laga, Super Eagle akhirnya mempu menyamakan keadaan. Dike jadi protagonis dengan sundulannya menyusul setuasi sepakan pojok, skor pun berubah menjadi 1-1. Tak berhenti sampai di situ, gelombang serangan sang juara Afrika terus mengalir.

Secara luar biasa Nigeria malah membalikkan keadaan jelang jeda turun minum. Shola Amoebi yang jadi pencetak assist untuk gol pertama kembali unjuk gigi. Kini ia mencatatkan namanya di papan skor setalah menaklukan Salvatore Sirigu melalui tendangan Voli pada menit 39. Skor 2-1 untuk Negeria akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Di paruh kedua beberapa pergantian dilakukan kedua tim, tentunya laga uji coba jadi ajang eksperimen taktik pelatih untuk menemukan formula terbaik di Piala Dunia 2014 nanti.

Italia yang belum melakukan pergantian pemain langsung menggebrak. Hebatnya serangan pertama mereka di babak kedua ini langsung berbuah gol! Sepakan keras Emanuele Giaccherini dari jarak 12 yard tak kuasa ditahan Ejide. Skor kembali sama kuat.

Setelah kedudukan berimbang, laga berlangsung semakin seru. Serangan frontal silih berganti dilancarkan kedua kubu. Marco Parolo yang menjalani debut bersama La Nazionale di babak kedua memberi kesegaran. Dua peluang bersihnya pada menit ke 59 dan 60, membangkitkan Italia yang sempat kendur dan hampir kebobolan lewat aksi John Obi Mikel pada menit 50.

Berkatnya perlahan Italia mempu mendominasi jalannya laga, Andrea Poli tampil sebagai jangkar ciamik Italia. Sodoran bolanya pada Alessio Cerci pada menit 72 nyaris menjadi gol andai tak tipis di samping kanan gawang.

Peluang tebaik setelah terjadinya gol dimiliki Alssandro Diamanti pada menit ke 86, hasilnya kembali nihil karena tendangan akuratnya masih mampu diselamatkan mistar gawang. Hingga 90 menit berakhir, hasil imbang 2-2 tak bisa terhindarkan. Italia kini memperpanjang paceklik kemenangan mereka menjadi empat partai beruntun.

Susunan Pemain

Italia: Sirigu; Maggio, Ranocchia, Ogbonna, Pasqual; Montolivo, Motta, Giaccherini; Candreva; Rossi, Balotelli
Nigeria: 
Ejide; Oboabona, Kwambe, Egwuekwe, Francis; Oduamadi, Onazi, Mikel; Moses, Dike, Amoebi