oleh

Italia dan Jerman Bermain Imbang Skor Akhir 1-1

Inisiatif serangan di awal laga diambil Italia, namun sang tuan rumah malah ketinggalan lebih dahulu lewat situasi tendangan penjuru pada menit kedelapan. Memanfaatkan postur jangkungnya, Mats Hummels melompat lebih tinggi dari Andrea Barzagli untuk membelokkan bola kiriman Toni Kroos ke tiang jauh gawang tanpa terjangkau Gigi Buffon.

Gol cepat itu membuat Jerman bermain lebih rileks dan percaya diri, dan sebaliknya, pasukan Azzurri jadi dilanda kegamangan. Sepak pojok nyaris kembali mendatangkan malapetaka buat Italia. Untungnya kali ini sundulan Benedikt Howedes meleset.

Die Mannschaft lagi-lagi nyaris menggandakan keunggulan menyentuh menit ke-16, tetapi tepisan penyelamatan refleks Buffon cukup untuk sedikit mengubah laju tembakan jarak jauh Sami Khedira, yang akhirnya mentah oleh tiang.

Terus berada dalam tekanan tamu, La Nazionale akhirnya merespons melalui kolaborasi apik dua pemain belakang. Mengambil bola di sisi kanan, Ignazio Abate menusuk ke dalam kotak sebelum melakukan umpan satu-dua dengan Leonardo Bonucci dan melesakkan tendangan kaki kiri membobol gawang Manuel Neuer. Gol di menit ke-28 itu adalah yang pertama buat sang full-back AC Milan di panggung internasional.

Tak lama usai bersorak merayakan torehan penyeimbang, publik San Siro hampir terbungkam lagi ketika kesalahan di lini pertahanan membuat bola dicuri Andre Schurrle. Dewi fortuna masih menaungi Italia karena tembakan keras winger Chelsea itu hanya menabrak mistar.

Keseruan laga berlanjut di sisa babak pertama, namun tak ada lagi perubahan skor sampai wasit menitahkan kedua tim untuk masuk ruang ganti.

Babak Kedua

Seperti di babak pertama, Italia mencoba memberikan tekanan dini dan kali ini mereka langsung memperoleh bagus lewat aksi Marchisio. Andrea Pirlo memilih menyodorkan umpan pendek dari tendangan bebas kepada rekannya di Juventus itu, yang melepas tembakan keras kaki kiri, tapi Neuer masih sigap menangkis bola.

Selanjutnya pasukan Cesare Prandelli terus merepotkan pertahanan Jerman dengan serangan-serangan cepatnya. Penampilan Der Panzer membaik usai pelatih Joachim Low melakukan pergantian ganda dalam rentang dua menit. Marco Reus disuntikkan menggantikan Andre Schurrle sebelum Mesut Ozil menyusul masuk mengisi tempat Mario Gotze.

Jerman pun mulai memegang kendali permainan meski masih kesulitan menerobos masuk wilayah pertahanan Italia, yang bermain lebih solid di paruh kedua.

Tempo relatif menurun mendekati pengujung laga dengan Italia tampak membiarkan Jerman leluasa menguasai bola. Duel kembali menghangat menyusul sedikit keributan antara Kroos dan Thiago Motta di sepuluh menit akhir.

Jelang bubaran, Die Mannschaft hampir mencuri kemenangan melalui tembakan Khedira, namun tiang gawang menyelamatkan Gli Azzurri.

Susunan Pemain:

Italia (4-3-1-2): Buffon; Abate, Bonucci, Barzagli, Criscito; Marchisio, Pirlo, Thiago Motta; Montolivo;Balotelli, Osvaldo

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Howedes, Boateng, Hummels, Jansen; Lahm, Khedira; Muller, Kroos, Schurrle; Götze