oleh

Ini Masalah Utama Sepak Bola Indonesia Menurut El Loco Cristian Gonzales

Penyerang Arema FC, Cristian Gonzales, mengungkapkan masalah utama sepak bola Indonesia. Hal tersebut disampaikan pemain berjulukan El Loco tersebut seusai Arema ditahan PS TNI dengan skor imbang tanpa gol pada pertandingan Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (3/7/2017).

Gonzales menyebut kualitas wasit menjadi permasalahan utama sepak bola Indonesia. Hal tersebut mengacu kinerja wasit asal Bantul, Ikhsan Prasetya Jati, saat memimpin laga.

“Saya sekarang emosi. Pemain muda, senior, dan suporter bukan masalah sepak bola Indonesia. Yang menjadi masalah adalah wasit,” kata Gonzales.

Gonzales mengklaim Ikhsan melakukan 10 kali kesalahan pada pertandingan tersebut. Salah satu kesalahan Ikhsan, menurut pemain naturalisasi asal Uruguay tersebut, adalah menganulir gol Arthur Cunha pada babak pertama.

“Saya mengerti mereka manusia biasa. Tapi satu pertandingan, mereka gak bisa 10 kali salah. Wasit sendiri yang bisa membuat pemain dan suporter emosi. Saya offside terus. Arthur tadi bikin gol. Bukan offside,” tuturnya.

Pemain yang sudah berkarier selama 14 tahun di Indonesia tersebut menilai kualitas wasit terus menurun.

“Kalau bicara jujur, saya punya banyak teman wasit. Wasit kurang. Wasit tidak bisa lari. Dia keram tadi,” tegasnya.

Dengan hasil imbang ini, Arema dan PS TNI sama-sama mengemas 19 poin dan untuk sementara menempati posisi kelima dan keenam