Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala AFF 2016

Indonesia dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala AFF 2016. Itu diputuskan dalam pertemuan Dewan AFF di Nay Pyi Taw, Myanmar, Sabtu (21/12).

Dilansir laman resmi AFF, Dewan AFF menunjuk Myanmar dan Filipina sebagai tuan rumah turnamen sepakbola antarnegara Asia Tenggara itu. Selain itu, Kamboja dipilih sebagai tuan rumah untuk babak kualifikasi. Indonesia memang menjadi salah satu kandidat untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2016 pada pertemuan Dewan AFF, Agustus 2013.

Sedangkan untuk babak kualifikasi Piala AFF 2014 rencananya bakal digelar di Laos pada 13-19 Oktober 2014.

Sementara itu, keputusan AFF untuk menunjuk Myanmar sebagai tuan rumah terbilang cukup aneh. Utamanya dari sisi keamanan di stadion. Itu jika berkaca dengan penyelenggaraan cabang sepakbola SEA Games 2013. Di mana, saat laga antara Indonesia kontra Myanmar, 16 Desember lalu, terjadi kerusuhan pendukung usai laga. Selain itu, ada beberapa fans yang bisa memasuki lapangan ketika pertandingan masih berlangsung, dan ada lemparan batu yang masuk ke lapangan.

Sebelumnya, Myanmar juga pernah di banned FIFA pada 2011 tidak bisa mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Itu setelah kerusuhan yang dilakukan fans mereka pada laga kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Oman, 28 Juli 2011. Ketika itu, para pendukung Myanmar mengamuk dengan melemparkan batu hingga botol air mineral ke lapangan, yang membuat wasit Ryuji Sato asal Jepang terpaksa menunda pertandingan ketika Oman unggul 2-0 atas tuan rumah.

AFF sendiri telah memutuskan untuk beberapa tuan rumah berbagai event yang akan digelar pada 2014. Indonesia dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 pada September 2014. Thailand tuan rumah kejuaraan sepakbola wanita AFF pada Agustus 2014, serta Malaysia tuan rumah Futsal AFF yang digelar pada 17-28 September 2014. Sementara untuk tuan rumah Piala AFF U-19 masih belum diputuskan.

Di samping itu, AFF juga akan menggelar pertandingan amal untuk korban topan Haiyan, Filipina. “Pertandingan akan mempertemukan antara Tim All Stars ASEAN dengan timnas Filipina,” tulis AFF dalam situs resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *