oleh

Hattrick Tercepat Sepanjang Massa Di Piala Eropa

news7up.com – TURNAMEN sekelas Piala Eropa menuntut kekuatan mental yang besar agar para pemain bintang bisa memenuhi ekspektasi. Seperti Michel Platini yang terbukti memiliki mental baja lantaran mengukir rekor sulit di Piala Eropa 1984.

Di fase grup melawan Yugoslavia, Platini tampil sangat mengesankan dengan sumbangan tiga gol. Hebatnya, torehan hattrick tersebut hanya terjadi dalam kurun 18 menit yakni 59, 62, dan 77.

Cetakan tiga gol yang dilakukan Platini pun masuk buku rekor sebagai hattrick tercepat sepanjang sejarah Piala Eropa. Pemain mana pun diprediksi akan sulit menyamai atau melewati apa yang sudah dilakukan mantan Presiden UEFA tersebut.

Adapun Prancis dalam Piala Eropa 1984 tersebut tampil sebagai juara setelah di final mengalahkan Spanyol dengan skor 2-0. Dalam laga yang digelar di stadion ikonik Prancis, Stade de France, Platini ikut menyumbang satu gol, sementara sisanya disabet Bruno Bellone.

Selain meraih trofi bersama Prancis, Platini juga menjabat sebagai top skor dengan sembilan gol. Sosok kelahiran 21 Juni 1955 tersebut meninggalkan jauh rival terdekatnya yakni Frank Arnesen yang hanya menorehkan tiga gol.