Hat-Trick Giuseppe Rossi Tumbangkan Juara Bertahan Seri A Juventus

Hat-Trick Giuseppe Rossi Tumbangkan Juara Bertahan Seri A Juventus
Hat-Trick Giuseppe Rossi Tumbangkan Juara Bertahan Seri A Juventus

Hat-Trick Giuseppe Rossi Tumbangkan Juara Bertahan Seri A Juventus

Comeback mengagumkan disuguhkan Fiorentina untuk membukukan kemenangan 4-2 atas juara bertahan Juventus pada giornata 8 Serie A Italia di Artemio Franchi, Minggu (20/10).

Bianconeri yang sempat memimpin 2-0 di babak pertama harus menelan kekalahan pertama musim ini setelah I Gigliati bangkit dengan dipimpin aksi brilian Giuseppe Rossi usai istirahat. Sang striker tiga kali memperdaya Gigi Buffon, dengan pemain pengganti Joaquin Sanchez juga ikut menyumbang satu gol untuk tuan rumah.

Raihan tripoin pertama dalam empat laga ini membawa tim besutan Vincenzo Montella naik ke peringkat kelima. Sedangkan kekalahan membuat Juve gagal menyamai langkah AS Roma dan sekarang tertinggal lima poin dari sang capolista.

Babak Pertama

Pertarungan di Artemio Franchi ini berlangsung menarik dari awal. Fiorentina yang beraksi di rumah sendiri setia dengan usungan sepakbola aktratktif andalan Vincenzo Montella, sedangkan duet Fernando Llorente dan Carlos Tevez beberapa kali memperlihatkan kerja sama baik di sektor depan Juventus.

Juve mengancam lebih dulu pada menit kelima, tapi kiper Neto sigap mengantisipasi umpan silang Llorente menuju Tevez.

Fiorentina gantian memperoleh kesempatan tak lama kemudian menyusul kesalahpahaman antara Gigi Buffon dan Leonardo Bonucci, namun sang kiper dengan cepat membuang bola mendahului Juan
Cuadrado yang sudah siap mencuri peluang.

Menit ke-23, Montella terpaksa menarik keluar Massimo Ambrosini untuk digantikan Matias Fernandez setelah nama pertama dibekap cedera.

Ketiadaan Ambrosini sebagai jangkar agaknya berpengaruh besar untuk Fiorentina. Tak lama setelah eks kapten AC Milan itu keluar, Bianconeri menghasilkan kans lewat tandukan Tevez yang masih menyamping dari gawang Neto.

Sesaat kemudian, Neto menampilkan penyelamatan apik untuk menggagalkan tendangan Claudio Marchisio dari tepi kotak penalti, usai menerima bola dari Kwadwo Asamoah.

Memasuki paruh akhir babak pertama, Bianconeri akhirnya memecahkan kebuntuan skor berkat eksekusi penalti Carlos Tevez menyusul pelanggaran terhadapnya oleh Gonzalo Rodriguez (37′).

Keunggulan tim tamu bertambah hanya tiga menit berselang. Kesalahan Cuadrado saat berusaha melakukan sapuan membuat bola malah melayang ke dalam kotak penalti dan dengan mudah disontek Paul Pogba yang berdiri bebas tanpa kawalan.

Babak Kedua

Keseruan duel meningkat sesudah restart. Juventus langsung menggebrak dalam upaya menamatkan perlawanan tuan rumah, namun penyelesaian Pogba menyambut operan Tevez terlalu  tinggi.

Si Ungu sebenarnya lebih dominan menguasai bola, tetapi lini pertahanan Juve terlalu solid untuk ditembus. Bahkan kubu tamu memperoleh sejumlah kans tambahan lewat serangan balik atau bola-bola mati.

Dua kesempatan beruntun hadir untuk Juve di menit ke-54 dan 56, dan Fiorentina patut berterima kasih kepada Neto karena mementahkan semuanya. Pertama kiper Brasil itu sukses menghadang upaya Marchisio dalam situasi satu lawan satu sebelum kemudian mentip sepakan bebas Andrea Pirlo yang sedikit terdefleksi pagar betis.

Kandasnya dua peluang Bianconeri turut menentukan alur laga. Fiorentina yang terus tampil penuh determinasi melakukan comeback fenomenal untuk berbalik unggul dengan Giuseppe Rossi sebagai aktor utamanya.

Pertama striker kidal itu menipiskan ketertinggalan Gigliati di menit ke-66 lewat konversi penalti jitu setelah Fernandez dijatuhkan Kwadwo Asamoah.

Sepuluh menit berlalu, eks bintang Villlareal yang sempat lama diparkir akibat cedera ligamen itu mencetak gol indah dengan tembakan kencang dari luar kotak menuju sudut tiang jauh gawang Buffon.

Pertahanan Juve yang semula kokoh mendadak berantakan. Berawal dari hilangnya bola dari penguasaan Vidal, yang  baru masuk menggantikan Marchisio, Fiorentina menggeber serangan balik yang diakhiri umpan Borja Valero kepada kompatriotnya asal Spanyol, Joaquin Sanchez, di sisi kanan kotak penalti. Nama terakhir ini kemudian mengarahkan tendangan ke tiang jauh untuk menaklukkan Buffon yang bergerak maju menutup ruang tembak (78′).

Hanya tiga menit setelahnya, kembali contropiede Fiorentina berujung petaka buat Juventus. Cuadrado merangsek sendirian sebelum menyodorkan umpan matang buat dituntaskan Rossi, yang sekaligus melengkapi tripletta-nya di laga ini dan makin menjulang sebagai topskor liga dengan koleksi total delapan gol.

Standing applause pun diberikan publik Artemio Franchi untuk Rossi saat sang pahlawan ditarik keluar lima menit sebelum bubaran. Juve sendiri gagal memberikan respons sampai peluit panjang berkumandang.

Susunan Pemain

Fiorentina (3-5-1-1): Neto; Roncaglia, Gonzalo, Savic; Cuadrado, Ambrosini (Fernandez 23′), Pizarro, Aquilani (Joaquin 56′), Pasqual; Borja Valero; Rossi (Matos 85′).

Cadangan: Munua; Compper, Tomovic, Vecino, Bakic, Alonso, Wolski, Vargas, Iakovenko.

Juventus (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Padoin (Motta 83′), Pogba, Pirlo, Marchisio (Vidal 77′), Asamoah (Giovinco 79′); Llorente, Tevez.

Cadangan: Storari; Rubinho, Caceres, Ogbonna, Peluso, Isla, De Ceglie, Bouy.