oleh

Gol Valter Birsa Bawa Milan Menang Atas Sampdoria

Valter Birsa Bawa AC Milan Ke Trek Kemenangan
Valter Birsa Bawa AC Milan Ke Trek Kemenangan

Setelah menuai sederet hasil kurang memuaskan, AC Milan akhirnya meraih tiga angka penting yang bisa membangkitkan moral tim usai menang tipis 1-0 atas Sampdoria di San Siro.

Gol semata wayang Rossoneri diciptakan Valter Birsa di babak kedua dan dengan tambahan tiga angka ini Milan sekarang berada di posisi delapan klasemen sementara tetapi situasi ini masih bisa berubah tergantung pertandingan lainnya.

Babak Pertama
Performa AC Milan musim ini cukup mengecewakan hingga menghadirkan kritikan keras di San Siro. Menyadari ini tuan rumah coba menekan dari menit pertama dan nyaris unggul saat Regini melakukan kesalahan di daerahnya sendiri yang hampir dimanfaatkan Alessandro Matri.

Rossoneri mendominasi jalannya pertandingan dan Robinho berulang kali menjadi otak serangan tim sementara Sampdoria hanya bisa mengancam dari sektor kanan.  Di menit 18 penyerang asal Brasil ini melayangkan umpan manja ke tiang jauh Sampdoria yang disambut tendangan voli Constant, sayang bola masih menyamping dan gol indah pun urung tercipta.

Sampdoria lebih banyak menunggu dan kesempatan terbaik diraih mereka melalui Costa memanfaatkan set-piece tendangan sudut namun bola hasil tandukannya masih melebar.

Kontribusi Matri di babak pertama tetap dipertanyakan namun di menit 36 sentuhan ringan mantan striker Juventus ini nyaris diselesaikan Mexes tetapi bola tidak mengarah ke target yang diinginkan.

Tanpa El Shaarawy, Montolivo dan Balotelli membuat Milan minim kreativitas terutama di sisi lapangan dan pertandingan babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Babak Kedua
AC Milan hanya butuh 53 detik di awal babak kedua untuk menjebol gawang Sampdoria. Robinho lepaskan bola ke arah Valter Birsa dan gelndang Slovenia ini dengan jeli menembak ke pojok bawah gawang.

Tiga menit kemudian Milan nyaris menambah gol. Lagi-lagi Birsa menghadirkan masalah tetapi kali ini tendangannya bisa diantisipasi Da Costa. Bola rebound dikuasai Poli dan bola disodorkan pada Robinho, sayang gagal disambar.

Satu jam berlalu, Matri mendapat peluang emas. Determinasi tinggi diperlihatkan sang penyerang dengan merebut bola dari Obiang dan berlari menuju gawang, sayang dia gagal menaklukkan Da Costa di tiang dekat.

Di menit 69 Matri kembali membuang peluang. Mendapat ruang di sisi kanan, Matri bergerak ke tengah mencari celah untuk melepaskan tembakan, sayang De Silvestri dengan cepat memblok bola.

Memasuki menit 75, tempo pertandingan mulai menurun tetapi tetap berada di bawah kendali Milan. Minimnya kreativitas membuat Il Samp kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah. Sebelum wasit meniup peluit tanda bubaran pertandingan, Niang nyaris menambah gol bagi Milan, sayang usai memenangkan duel dengan Costa sepakan mendatarnya bisa ditepis.

Susunan Pemain:
AC MILAN (4-3-2-1): Abbiati; Zaccardo, Zapata, Mexes, Constant; Poli, De Jong, Muntari; Birsa, Robinho; Matri.

SAMPDORIA (4-4-2): Da Costa; De Silvestri, Mustafi, Regini, Costa; Gavazzi, Obiang, Palombo, Wszolek; Sansone, Gabbiadini.