oleh

Gol semata wayang Danny Welbeck penentu kemenangan MU di kandang Norwich City

Manchester United terus menorehkan hasil positif di Liga Primer Inggris ketika sukses menghempaskan Norwich City 1-0, Sabtu (28/12) di Carrow Road. Sempat kewalahan di babak pertama, Setan Merah berhasil bangkit usai jeda dan membawa pulang tiga angka lewat gol tunggal pemain pengganti Danny Welbeck.

Dengan hasil ini, anak asuh David Moyes bertengger di urutan keenam dengan 34 poin. Ini adalah kemenangan keempat United secara beruntun di EPL sekaligus menggenapi enam kemenangan berturut-turut mereka di semua ajang. Sementara pasukan Chris Hughton masih bercokol di urutan 14 dengan 19 poin.

Babak Pertama

Di awal babak pertama, United langsung menunjukkan nafsu untuk terus melanjutkan tren positif.Mereka tampak nyaman mendominasi Norwich yang sesekali melakukan serangan balik. Shinji Kagawa membuat peluang pertama di menit keenam, namun John Ruddy dengan sigap menangkiscrossing kencangnya sebelum Javier Hernandez sempat menyambarnya.

Tak mau kalah, tuan rumah harusnya bisa mencetak gol di menit 14. Serangan sayap kanan Norwich berhasil mengelabui Patrice Evra dengan Russel Martin bebas berlari menuju kotak penalti. Tendangannya berhasil ditepis David De Gea, sayang bola rebound tersebut gagal disambar sempurna oleh Wesley Hoolahan. Norwich membuat peluang lagi di menit 22, namun tendangan keras Gary Hooper juga masih bisa diamankan De Gea.

Sejak peluang emas Norwich itu, keadaan berbalik. United tampak kepayahan menghadapi The Canaries yang dengan cerdik memanfaatkan lebar lapangan untuk melakukan serangan dari sayap. Giliran Norwich yang mendominasi tim tamu hingga sepuluh menit babak pertama. Menit 36, sundulan Sebastian Bassong memanfaatkan sepak pojok masih tepat di dekapan De Gea.

United mencoba membuat peluang di lima menit terakhir lewat sepakan jarak jauh Michael Carrick yang masih melambung tinggi dan juga lewat Kagawa yang umpan silangnya lagi-lagi digagalkan Ruddy. Shot on target pertama United baru tercipta di menit 45 ketika tembakan Chicharito dari sudut sempit masih bisa diamankan Ruddy. Hingga wasit Phil Dowd meniup peluitnya, skor kacamata tetap bertahan.

Danny Welbeck masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol kemenangan.
Babak Kedua

Laga tampak lebih hidup usai turun minum. Ashley Young membuat peluang pertamanya di menit 48 setelah meliuk-liuk dari sisi kanan, namun tembakannya masih melebar. Semenit berselang, justru Norwich yang nyaris memecah kebuntuan ketika sepakan keras Nathan Redmond dari sisi kiri hanya menyamping beberapa sentimeter dari gawang.

Masuknya Danny Welbeck membuat serangan United terlihat lebih berkembang di babak kedua. Malah sang pemain pengganti itu benar-benar membuktikan kualitasnya di menit 56. Clearance Ryan Bennett membentur Welbeck yang kemudian mengarah ke Chicharito. Bola lalu kembali ke Welbeck yang dengan sekali sentuh mengelabui Ruddy sebelum striker timnas Inggris ini menceploskan bola ke gawang kosong.

United mencoba menambah skor lagi untuk mengamankan kemenangan ini. Salah satunya adalah lewat Chicharito di menit 68. Penyerang Meksiko itu melepaskan tembakan dari luar boks namun masih bisa ditangkap oleh Ruddy. Namun di 15 menit terakhir, Norwich mengurung pertahanan United.

Meski demikian, lemahnya penyelesaian akhir yang dilakukan oleh tim tuan rumah membuat lini pertahanan United tak terlalu kewalahan. Hingga empat menit injury time skor 1-0 untuk kemenangan tim tamu tidak berubah. United pun sukses mencuri tiga angka di Carrow Road.

Susunan Pemain

Norwich City (4-2-3-1): Ruddy; Martin, R Bennett, Bassong, Olsson; Fer, Johnson; Snodgrass (Elmander 79′), Hoolahan, Redmond; Hooper (van Wolfswinkel 69′)
CadanganBunn, Whittaker, Garrido, Becchio, Josh Murphy

Manchester United (4-4-1-1): De Gea; Smalling, Vidic, Evans, Evra; Young, Cleverley, Carrick, Giggs (Welbeck 46′), Kagawa (Januzaj 69′); Hernandez (Fletcher 86′)
Cadangan: Lindegaard, Anderson, Fabio, Zaha.