oleh

Gol Robin Van Persie Bawa Manchester United Unggul Atas Arsenal

Manchester United mampu unggul 1-0 atas Arsenal di babak pertama dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Minggu (10/11) malam WIB.

Gol di babak pertama ini dicetak mantan pemain Arsenal, Robin van Persie, lewat sundulan kepala pada menit ke-27.

Babak Pertama

Ketika pertandingan baru memasuki menit pertama, United melancarkan serangan lewat aksi Shinji Kagawa di sisi kiri dan Antonio Valencia di sisi kanan, namun pertahanan lawan masih cukup ketat.

United mendominasi permainan di menit-menit awal babak pertama. Pada menit keenam, setelah menerima sodoran dari Kagawa, Patrice Evra memberi umpan panjang melengkung ke arah gawang, namun bola mampu ditangkap Wojciech Szczesny dengan baik, padahal sudah ada dua pemain United yang siap menyambut dengan sundulan kepala. Satu menit kemudian, Phil Jones melakukan solo run berbahaya ke arah kotak penalti, namun bisa dimentahkan salah seorang bek lawan.

Wayne Rooney memiliki peluang apik pada menit kesembilan lewat sepakan keras dari jarak jauh, namun bola mampu ditangkap Szczesny, meski sempat membentur salah seorang pemain lawan.

Jones kembali memberi ancaman pada menit ke-19 ketika berusaha mengiring bola ke dalam kotak penalti usai menerima umpan dari van Persie, namun masih bisa diantisipasi Laurent Koscielny. Beberapa saat kemudian, giliran Rooney yang nyaris bisa menguasai bola di sisi kiri pertahanan Arsenal setelah keluar dari jebakan off-side, namun bisa diantisipasi Thomas Vermaelen.

Rooney menebar ancaman cukup berarti ketika pertandingan memasuki menit ke-26 dengan memberi umpan crossing jarak jauh ke arah gawang, namun masih ada Vermaelen yang menyundul bola yang mengalir cukup deras. Sepak pojok untuk United. Berawal dari situasi ini, United mampu unggul. Umpan sepak pojok Rooney mampu diteruskan dengan sundulan van Persie, dan bola menghujam ke sisi pojok kiri atas gawang.

Tertinggal, Arsenal berusaha membalas. Pada menit ke-32, Santi Cazorla sebenarnya memiliki ruang cukup bagus untuk melepas tendangan keras ke arah gawang atau memeberi umpan untuk rekannya, namun bola mampu dipotong dan dihalau Jones. Begitu pula dengan umpan Aaron Ramsey ke arah kotak penalti, yang bisa dihalau dengan sapuan bek United.

Pada menit ke-38, Rooney terlihat terjatuh di dalam kotak penalti setelah mampu mencuri kesalahan passing Arsenal di pertahanan sendiri dan bergesekan dengan Olivier Giroud, namun wasit tidak menunjuk titik putih.

United nyaris memperbesar keunggulan ketika pertandingan babak pertama menyisakan tiga menit waktu normal. Umpan Valencia di sisi kanan gagal diteruskan van Persie dengan sundulan kepala, dan ada pemain Arsenal yang kemudian memblok bola.

Sesaat jelang pertandingan babak pertama akan berakhir, Nemanja Vidic harus mendapat perawatan usai bertabrakan dengan Ramsey ketika United mendapat ancaman lewat sebuah umpan crossing. Beruntung, pemain asal Serbia itu bisa bangkit lagi.

Susunan Pemain:

Manchester United Starting XI: De Gea; Smalling, Vidic, Evans, Evra; Valencia, Jones, Carrick, Kagawa; Rooney, Van Persie.

Manchester United subs: Lindegaard, Giggs, Chicharito, Nani, Cleverley, Fellaini, Januzaj.

Arsenal Starting XI: Szczesny; Sagna, Vermaelen, Koscielny, Gibbs; Arteta, Flamini, Ozil, Ramsey, Cazorla; Giroud.

Arsenal subs: Fabianski, Jenkinson, Monreal, Bendtner, Bould, Primorac, Akers.

 

[youtube id=”qw3invWFCkk” width=”620″ height=”360″]