oleh

Gol-Gol di Euro 2016 Banyak Dicetak Oleh Pemain Pengganti

news7up.com – Piala Eropa 2016 sepertinya menjadi turnamennya para pemain pengganti, di mana 11 dari 47 gol yang telah tercipta dicetak oleh pemain yang masuk di tengah-tengah laga. Jumlah gol itu telah menyamai rekor gol yang dicetak pemain pengganti pada 1996, 2000, dan 2012, sementara di Piala Eropa 2004 hanya 10 gol tercipta dari tembakan atau sundulan pemain pengganti. Adapun, rekor 13 gol hadir dari turnamen Piala Eropa 2008.

Satu orang yang paling diuntungkan dari tren ini adalah pelatih Inggris, Roy Hodgson, yang memasukkan Jamie Vardy dan Daniel Sturridge untuk membalikkan keadaan saat laga kontra Wales. “Pergantian pemain menjadi bagian yang penting dari turnamen ini,” kata Hodgson, dikutip laman UEFA, akhir pekan ini. Hodgson juga merujuk laga antara Prancis dan Albania, di mana Paul Pogba dan Antoine Griezmann membantu tim tuan rumah meraih kemenangan di babak kedua.

Jesus Navas: Kroasia 0 –  1 Spanyol (18 Juni 2012)

Gol Navas pada menit 88 membawa Spanyol melaju ke fase knockout di Piala Eropa 2012. Spanyol pun kemudian terus melaju dan berhasil mempertahankan gelar juara Eropa.

Sylvian Wiltord, David Trezeguet: Prancis 2 – 1 Italia (2 Juni 2000)

Gol Marco Delvecchio pada babak kedua sepertinya akan membawa Italia menjadi juara Eropa sampai akhirnya gol Wiltord pada pengujung laga mengharuskan kedua tim manjalani babak perpanjangan waktu. Prancis akhirnya menang dramatis lewat gol emas Trezeguet.

Olivier Bierhoff: Republik Ceska 1 – 2 Jerman (30 Juni 1996)

Bierhoff menjadi pemain pengganti pertama yang mencetak gol di laga final Piala Eropa. Bierhoff masuk pada 21 menit akhir dan Jerman langsung bisa menyamakan kedudukan 1-1. Pada babak perpanjangan waktu, Bierhoff mencetak gol emas pertama dalam sejarah dan membawa Jerman juara Eropa.