Final SEA Games 2013 – Indonesia vs Thailand

Thailand membutuhkan kemenangan melalui titik putih setelah mengandaskan Singapura 1-0 dalam semi-final SEA Games 2013 di Stadion Zeyar Thiri, Nay Pyi Taw, Kamis (19/12) malam WIB.

Hasil itu membawa Thailand berhadapan dengan Indonesia di partai puncak untuk memperebutkan medali emas. Ini merupakan pertemuan ketiga antara Indonesia dan Thailand di ajang SEA Games. Dalam dua pertemuan sebelumnya pada 1991 dan 1997, kedua tim saling mengalahkan melalui adu penalti.

Sebaliknya bagi Singapura, kegagalan mengatasi Thailand memperpanjang catatan buruk mereka dalam perburuan medali emas SEA Games. Kendati mereka berjaya di Piala AFF, Singapura belum pernah sekalipun menggigit kepingan emas di multievent dua tahunan se-Asia Tenggara itu.

Thailand dan Singapura mengawali pertandingan lewat permainan terbuka. Singa Muda terlebih dahulu mendapatkan peluang ketika laga baru berjalan tiga menit. Hafiz Abu Sujad yang berdiri bebas gagal memaksimalkan umpan Zulfahmi Arifin menjadi gol.

Selama 15 menit awal, Singapura memberikan tekanan berarti ke pertahanan Thailand. Sebaliknya, tim Gajah Putih baru bisa keluar dar tekanan selepas laga berjalan 20 menit.

Hasilnya, Thailand mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-22, menyusul pelanggaran Madhu Mohana terhadap penyerang Thailand di kotak terlarang. Praweenwat Boon Yong yang dipercaya sebagai algojo sukses menaklukkan kiper Izwan Mahbud.

Gol ini mempengaruhi performa Singapura. Mereka mendapat tekanan dari Thailand yang percaya diri usai membuka keunggulan. Praktis Singapura berusaha memperkuat pertahanan dari gempuran Thailand di waktu tersisa di babak pertama.

Seperti halnya di babak pertama, Singapura mengawali babak kedua lebih baik dibandingkan Thailand. Penjaga gawang Kawin Thamsatchanan melakukan penyelamatan ketika mementahkan tandukan Afiq Yunos yang menyambut bola sepak pojok di menit ke-50.

Di menit ke-65, Singapura kembali mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Faris Ramli melepaskan umpan ke tiang dekat, tapi Shahil Suhaimi terlambat menyambut bola.

Selepas laga berjalan 70 menit, Thailand mulai memperkuat pertahanan mereka untuk mengamankan keunggulan satu gol. Namun perubahan permainan Thailand ini tak bisa dimanfaatkan Singapura guna mengubah papan skor hingga peluit panjang ditiupkan wasit.