oleh

Eric Dier dan Mauricio Pochettino cetak debut manis bersama Tottenham Hotspur

www.news7up.com – Para debutan Tottenham Hotspur memberi kontribusi penuh dalam laga yang berakhir 1-0 untuk tim London Utara itu atas West Ham United, Minggu (16/8) malam, di laga pembuka Liga Primer Inggris 2014/15.

Eric Dier yang baru saja didatangkan dari Sporting Lisbon mencetak gol semata wayang dalam laga ini di menit-menit akhir, yang membuat pendukung  The Hammers  gigit jari karena mereka pun memberi perlawanan yang baik untuk tamunya.

Selain debut manis dari Dier, tentu ini juga adalah awal bagus bagi manajer anyar Spurs Mauricio Pochettino. Laga ini juga sengit karena kedua tim akhirnya harus bermain dengan sepuluh pemain. Dan sempat ada insiden lucu di babak kedua, tepatnya menit 63′.

Babak Pertama

Pertandingan berjalan dengan tempo cukup cepat ketika dua klub London bertemu. Menit kelima Carlton Cole melesatkan sepakkan pertamanya musim ini ke gawang Tottenham Hotspur yang dikawal Hugo Lloris. Namun percobaan Cole melambung di atas gawang.

Spurs sebagai tim tamu cukup nyaman memainkan bola pada 15 menit pertama, di mana Christian Eriksen serta Aaron Lennon kerap jadi tumpuan untuk menyerang. Eriksen pun sempat mendapat peluang lewat tendangan bebas jarak 30 meter, tapi tendangan pemain asal Denmark itu tepat mengarah ke Adrian Miguel.

West Ham United mulai menikmati permainan ketika terus menekan Spurs. Permainan O’Brien dan Stewart Downing cukup merepotkan dengan umpan-umpan silang yang mereka lepaskan untuk Cole atau Kevin Nolan yang senantiasa ikut masuk ke kotak penalti lawan. Sayangnya, baik Nolan atau Cole sering gagal menyambut umpan matang rekannya.

Tekanan yang dilancarkan Hammers pun membuahkan hasil. Menit ke-29 wasit mengusir Kyle Naughton karena menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti. Sayangnya, Mark Noble yang menjadi algojo malah gagal menyempurnakan tugasnya. Sepakkan Noble pelan melebar ke sisi kiri gawang Lloris!

Itu merupakan kegagalan pertama Noble dalam menyepak bola dari titik putih sejak April 2009 ke gawang Chelsea yang dikawal Petr Cech.

Menit 42’ tuan rumah kembali mendapat peluang matang hasil umpan O’Brien di sisi kanan. Tetapi umpan silang cantik yang dilepaskan eks Bolton Wanderes itu gagal disambut Ricardo Vaz Te dengan sempurna. Sundulan Vaz Te malah melebar padahal ruang terbuka.

Waktu tambahan satu menit pun akhirnya tak menciptakan apa-apa. Kedua tim menutup paruh pertama dengan hasil imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Usai turun minum alur permainan langsung cepat. Kedua tim silih berganti mencoba merangsek masuk ke pertahanan lawan, namun pertahanan kedua tim cukup solid dan disiplin.

Menit ke-53 Downing melakukan determinasi dan berhasil melepaskan tendangan, tetapi Lloris bisa menghalau bola dari Downing yang siap disambut Noble. Semenit berselang James Collins harus mendapatkan kartu kuning karena melanggar Erik Lamela setelah pemain asal Argentina itu merebut bola dari Kouyate di daerah West Ham.

Kemelut sempat terjadi di kotak penalti West Ham ketika berulang kali pemain belakang tuan ruma gagal melakukan clearance hasil sepak pojok Spurs. Beruntung bagi Hammers karena Collins dilanggar sehingga ancaman pun terhenti.

Petaka muncul untuk tuan rumah ketika Collins diganjar kartu kuning kedua menit 63’, itu setelah Collins mengadang Adebayor. Tendangan bebas dari jarak ideal pun didapat Spurs, dan kedua tim bermain sepuluh lawan sepuluh.

Kejadian tak terduga pun tiba ketika ada penonton masuk ke lapangan lalu mengeksekusi tendangan bebas. Pengamanan pun langsung masuk dan menangkap pitch invader tersebut. Ketika laga dilanjutkan, tendangan bebas dari Eriksen pun tak hasilkan apapun.

Upton Park bergemuruh ketika rekrutan baru dari West Ham, Enner Valencia masuk menit 81’ gantikan Cole. Striker asal Pacuca itu tampil gemilang ketika membela Kolombia di Piala Dunia Brasil lalu.

West Ham nyaris saja unggul pada menit 87’. Kombinasi cantik Nolan-Downing membuat Downing mampu berhadapan langsung dengan Lloris dalam jarak beberapa meter saja. Namun penyelamatan sempurna dilakukan Lloris sebagaimana kiper Prancis itu sedikit abrobatik menepis bola sepakkan Downing.

Kemudian, Spurs balik mengancam di menit 90’ lewat tendangan spekulasi Nabil Bentaleb. Beruntung Adrian tak kalah gemilang dengan menepis tendangan keras dari Bentaleb.

Menjelang berakhir laga makin seru, Kouyate yang merupakan pemain baru West Ham sangat mantap di lini belakang. Di sisi lain Eric Dier yang juga pemain anyar begitu flamboyan di debutnya bersama Spurs.

Kegemilangan Dier pun tak terbantahkan ketika ia akhirnya menjadi penentu kemenangan untuk Spurs. Menit 90+4’ Dier mengejutkan Demel dan berhasil mengelabuinya, Adrian yang mencoba menerjang pun dilewati eks Sporting Lisbon untuk kemudian melesakkan bola ke gawang West Ham yang sudah kosong.

Kemenangan untuk tim tamu tak terbantahkan. Mauricio Pochettino pun membungkus tripoin pada laga debutnya menangani Lyliwhites. 1-0 untuk Spurs atas Westh Ham.

Susunan Pemain

West Ham United : Adrian, O’Brien, Reid, Collins, Cresswell, Nolan, Noble, Kouyate, Downing, Cole, Vaz Te.

Cadangan : Jaaskelainen, Zarate, Demel, Diame, Poyet, Valencia, Burke.

Tottenham Hotspur : Lloris, Rose, Kaboul, Lennon, Adebayor, Lamela, Dier, Naughton, Eriksen, Capoue, Bentaleb.

Cadangan : Friedel, Soldado, Holtby, Townsend, Kane, Dawson, Davies.