oleh

Dua Gol Mezut Ozil Hantarkan Arsenal ke Puncak Klasemen

Dua Gol Mezut Ozil Hantarkan Arsenal ke Puncak Klasemen
Dua Gol Mezut Ozil Hantarkan Arsenal ke Puncak Klasemen

Arsenal semakin kokoh berdiri di tangga teratas klasemen Liga Primer Inggris setelah menggasak tim tamu Norwich City dengan skor telak 4-1, Sabtu (19/10).

Pujaan baru publik Emirates, Mesut Ozil, kembali bersinar terang dengan sumbangan sepasang gol, sementara dua lagi tercatat atas nama Jack Wilshere dan Aaron Ramsey. Satu gol balasan The Canaries sendiri lahir dari aksi Jonathan “Jonny” Howson.

Dengan hasil gemilang ini, Arsenal kini memimpin dua angka atas Chelsea dan Liverpool, yang turun ke posisi ketiga usai tertahan imbang 2-2 di kandang Newcastle United. Chelsea sendiri naik ke posrunner-up berkat kemenangan 4-1 atas Cardiff City.

Babak Pertama

Awal laga diwarnai oleh rangkaian ancaman yang silih berganti dari kedua kubu.

Norwich mengandalkan aliran bola cepat dan sempat memperoleh peluang dini dari Sebastien Bassong yang masih dapat dihalau  Bacary Sagna. Sementara itu Arsenal tampil dengan ciri khas mereka berupa serangan yang dibangun rapi lewat bola-bola pendek dari kaki ke kaki.

Setelah sejumlah peluang kandas, kebuntuan skor pada akhirnya terpecahkan pada menit ke-18 untuk pihak tuan rumah melalui kontribusi Jack Wilshere.

Gol pembuka ini tercipta lewat proses apik hasil kerja sama segitiga antara Wilshere, Santi Cazorla, serta Olivier Giroud.

Cazorla menyodorkan si kulit bulat buat Wilshere, yang kemudian meneruskannya kepada Giroud. Nama terakhir ini lantas mengumpan kembali ke arah Wilshere yang tak menyia-nyiakan kans emas untuk membawa Gunners memimpin 1-0.

Selanjutnya dominasi permainan terus menjadi milik pasukan Arsene Wenger, sementara Canaries sesekali mengintip peluang  serangan balik dengan bola-bola panjang.

Sepuluh menit sebelum turun istirahat, Giroud nyaris menggandakan keunggulan Arsenal setelah menyontek umpan matang Kieran Gibbs, tapi John Ruddy menyuguhkan aksi penyelamatan  brilian untuk memastikan timnya tetap tertinggal satu gol saja.

Babak Kedua

Di awal paruh kedua Norwich langsung memperoleh sekurangnya dua kesempatan emas untuk melenyapkan keunggulan Arsenal. Namun upaya dari Russell Martin menyambut tendangan bebas Robert Snodgrass, dan selanjutnya dari tembakan keras Snodgrass sendiri, masih gagal membuahkan hasil konkret.

Berada dalam tekanan, Arsenal justru sukses melepaskan pukulan balik nan mematikan untuk menambah skor. Sebuah bola panjang dari wilayah sendiri diterima Mesut Ozil, yang kemudian bertukar umpan dengan Giroud sebelum membobol gawang Norwich dengan tandukannya berkat assist striker Prancis tersebut (58′).

Kendati menderita defisit dua gol, Norwich rupanya belum mengibarkan bendera putih. Menit ke-62, Jonny Howson melepaskan tembakan yang masih melebar, tapi kans berikutnya sepuluh menit  kemudian sukses dimaksimalkan gelandang 25 tahun itu.

Halauan kurang sempurna Laurent Koscielny terhadap umpan silang Martin Olsson dimanfaatkan Howson, yang langsung melesakkan tendangan keras akurat untuk menaklukkan Wojciech Szczesny.

Kecolongan gol penipis skor, Arsenal tak lantas panik. Mereka tetap bermain tenang dengan possession football-nya. Gol ketiga pun diperoleh tujuh menit jelang bubaran lewat aksi Aaron Ramsey menuntaskan umpan Wilshere.

Tekanan Gunners ternyata belum reda. Di ujung laga, Ozil menjaringkan satu gol lagi untuk melengkapi pesta tuan rumah di Emirates.

Kembali serangan ciamik diperlihatkan anak-anak London Utara untuk gol kedua Ozil ini. Usai menerima umpan Tomas Rosicky, Ramsey dengan cermat mengirim bola kepada Ozil yang datang dari lini kedua dan melepaskan sepakan kencang tanpa terbendung Ruddy.

Susunan Pemain

Arsenal: Szczesny: Sagna, Koscielny, Mertesacker, Gibbs; Wilshere, Arteta, Flamini, Cazorla, Ozil, Giroud.

Norwich: Ruddy; Martin, Bassong, Turner, Olsson; Tettey, Fer, Howson; Snodgrass, Pilkington, Hooper.