Ditekuk Napoli 2-0, Arsenal Tetap lolos ke 16 Besar Champion

Ditekuk Napoli 2-0, Arsenal Tetap lolos ke 16 Besar Champion

Arsenal tetap memastikan langkah ke 16 besar meski dikalahkan Napoli dua gol tanpa balas di San Paolo dalam partai pamungkas babak grup Liga Champions, Kamis [12/12] dini hari WIB.

Sengit, ketat dan mencengangkan! Begitulah gambaran ironi posisi akhir di Grup F. The Gunners [12 poin] harus rela finis sebagai runner-up karena di saat bersamaan Dortmund [12 poin] sukses mengalahkan Marseille 2-1, di mana secara produktivitas gol wakil Jerman ini unggul. Sementara Napoli  yang juga mengumpulkan 12 poin, kalah jumlah gol dan memaksa mereka harus puas merambah kasta kedua alias Liga Europa.

Babak pertama

Kubu tuan rumah lebih dulu membuka serangan lewat aksi dari Goran Pandev di menit kesembilan. Menyambut umpan terukur dari Mertens, Pandev menembak bola. Tapi kiper Wojciech Szczesny sigap membaca gerak bola.

Kedua tim selama hampir setengah jam sama-sama terus meraba-raba dan bermain hati-hati. Di menit ke-23 Arsenal coba memanfaatkan peluang yang didapatkan Olivier Giroud. Hanya saja aksi itu dapat dihalau dengan baik oleh Rafael Cabral.

Enam menit berselang giliran Mathieu Flamini beraksi. Dikawal sekira tiga pemain Napoli, sang gelandang tetap berhasil melesatkan tendangan. Namun Raul Albiol muncul untuk menyapu bola.

Demikian halnya saat Callejon membuat peluang di menit ke-31. Tendangannya hanya menjurus ke sisi gawang tim tamu, setelah dia dengan hebat melewati hadangan Jenkinson.

Tujuh menit sebelum bubaran di paruh pertama kiper Szczesny keluar dari sarangnya untuk meredam sepakan lob dari Maggio. Beruntung, situasi itu tidak berbuah kebobolan bagi The Gunners.

Babak kedua

Ozil langsung memberikan Arsenal kepercayaan diri di babak kedua dengan mengawali serangan tim tamu. Namun, tembakannya di menit ke-50 masih melebar.

Napoli balik menyerang setelah satu jam pertandingan. Mertens membuat repot pertahanan Arsenal sebelum melepas tendangan yang arahnya masih melenceng.

Di menit ke-69 Insigne mencoba peruntungan dengan tembakan jarak jauhnya. Hanya saja arah bola masih tepat ke Szczesny sehingga sang kiper mudah menjaga gawangnya dari kebobolan.

Dua menit kemudian giliran Higuain yang melewatkan peluang usai menyambut umpan dari Callejon. Dari sudut yang sulit, eks Real Madrid ini sepakannya malah mengenai mistar.

Namun pada menit ke-73 sang striker usahanya akhirnya berujung gol pemecah kebuntuan. Dengan sempurna, Higuain menuntaskan umpan matang dari Callejon untuk membuat papan skor berubah 1-0.

Di masa injury time Callejon menggandakan skor bagi Napoli memanfaatkan assist dari Insigne. Tapi di sisa waktu yang sempit, Napoli yang butuh satu gol lagi untuk memastikan lolos ke 16 besar, tak mampu mewujudkannya. Skuat Rafa Benitez pun harus puas berkancah ke kasta kedua alias Liga Europa.

Berikut susunan pemain pemain yang diturunkan masing-masing tim di partai pamungkas Grup F:

Napoli starting line-up: Rafael Cabral; Maggio, Fernández, Albiol, Armero; Dzemaili, Behrami; Callejón, Pandev, Mertens; Higuaín.

Arsenal starting line-up: Szczesny; Jenkinson, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Flamini, Arteta; Rosicky, Ozil, Cazorla; Giroud.