oleh

Dasyatnya Duo Messi dan Neymar Bantai Levante UD

Barcelona menang besar
Barcelona menang besar

Barcelona mengawali usaha mempertahankan gelar juara La Liga Spanyol dengan meyakinkan setelah meraih kemenangan telak 7-0 atas Levante di Nou Camp dalam laga pembuka mereka, Senin (19/8) dinihari WIB.

Ini merupakan debut gemilang Tata Martino sebagai pelatih Barcelona di kompetisi domestik setelah ditunjuk menggantikan Tito Vilanova. Martino membuat keputusan dengan membangkucadangkan Andres Iniesta dan Neymar.

Tampil di hadapan pendukungnya, Barcelona langsung memberikan tekanan ke pertahanan Levante. Cesc Fabregas yang lepas dari jebakan off-side melepaskan umpan kepada Alexis Sanchez yaang berdiri bebas, sehingga dengan mudah menjebol gawang tim ketika laga baru berjalan tiga menit.

Sukses mencetak gol cepat membuat Barcelona makin mendominasi. Tuan rumah tidak memberikan kesempatan kepada pemain Levante untuk bernafas akibat serangan bergelombang yang merusak pertahanan.

Gelombang serangan Barcelona kembali membuahkan hasil pada menit ke-12. Umpan tarik Pedro di sisi kiri diterima Lionel Messi dengan baik. Bintang Barcelona itu kemudian memperdayai kiper Keilor Navas untuk mencetak gol.

Setelah peluang Sanchez dan Gerard Pique terbuang percuma, Barcelona memperbesar keunggulan pada menit ke-23. Kali ini Dani Alves yang mencatatkan namanya di papan skor. Alves menyambar bola muntah hasil tendangan Fabregas yang diblok Navas.

Selang tiga menit kemudian, Nou Camp kembali bergemuruh. Penyebabnya adalah Pedro yang mengubah papan skor menjadi 4-0. Jebakan off-side Levante lagi-lagi tak berjalan dengan baik, dan Pedro mampu memanfaatkannya usai menerima umpan Messi.

Levante masih mengalami kesulitan mengembangkan permainan, dan pelanggaran salah satu pemainnya terhadap Adriano di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Eksekusi penalti Messi pun makin memperbesar keunggulan Barcelona pada menit ke-42.

Menjelang babak pertama berakhir, gawang Levante kebobolan setengah lusin gol. Adalah Xavi yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan Fabregas. Skor 6-0 menutup babak pertama.

Levante melakukan pergantian pemain di babak kedua dengan memasukkan Issam El Adoua dan Pallardo. Permainan Levante mengalami perbaikan, namun tidak berlangsung lama, karena Barcelona kembali mendominasi selepas babak kedua berjalan sepuluh menit.

Berturut-turut gawang Levante mendapat ancaman. Navas menggagalkan peluang Pique di menit ke-58, dan tendangan Pedro luput dari gawang selang satu menit kemudian. Neymar pun dimasukkan pada menit ke-64, dan Sanchez ditarik keluar.

Barcelona mengubah papan skor menjadi 7-0 pada menit ke-73. Fabregas berhasil memanfaatkan blunder pemain Levante, dan selanjutnya memberikan umpan kepada Pedro yang tidak mensia-siakan peluang untuk menjadi gol. Skor ini pun tidak mengalami perubahan hingga wasit meniup peluit panjang.