Dana Untuk Pelatnas Timnas U-19 Sekitar 30Miliar

Dana Untuk Pelatnas Timnas U-19 Sekitar 30Miliar

Evan Dimas dkk akan segera memersiapkan diri untuk pelatnas jangka panjang di Batu pada 9 November mendatang. Indra Sjafri pun telah memanggil 40 nama dari berbagai daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti pelatnas tersebut.

Untuk melaksanakan pelatnas, tentu tak akan murah, apalagi jumlah pemain cukup banyak dan juga pelatnas tidak dilakukan dalam waktu yang singkat. Pelatnas ini pun dilakukan guna menghadapi Piala Asia U-19 tahun depan, yang mana baru akan digelar pada bulan Oktober 2014 di Myanmar.

Di Batu sendiri pelatnas akan dilaksanakan hingga 9 Januari 2014, lalu dilanjut dengan persiapan di kota Yogyakarta untuk persiapan yang lebih mendalam, karena di Batu timnas akan fokus meningkatkan VO2 Max. Dan tahap terakhir adalah uji coba yang rutin dengan tim lokal maupun luar negeri.

“Estimasi biaya untuk timnas Indonesia U-19 bisa menghabiskan dana sekitar Rp30 miliar selama setahun, sampai Oktober 2014. Hitungan kami, per hari butuh sekitar Rp600 ribu per orang, termasuk biaya hotel dan makan per kepala,” ujar Sefdin Saefudin selaku sekretaris Badan Tim Nasional (BTN), di kantor PSSI, Jakarta, Jumat (8/11).

“Jadi, dalam sehari menghabiskan Rp30 juta. Itu belum termasuk uang saku per pekan dan akomodasi pindah pelatnas seperti biaya tiket,” lanjutnya.

Biaya pun dari berbagai sumber, termasuk sponsor dan pemasukan melalui hak siar juga sponsor. “Untuk membiayai pelatnas tersebut, ada beberapa sumber, seperti dari pemasukan PSSI, tiket pertandingan, hak siar dan sponsor yang saat ini baru ada Nike,” dia mengakhiri.