oleh

City Ungguli Milan 5-3 di Paruh Pertama


MUENCHEN, KOMPAS.com – Manchester City untuk sementara unggul 5-3 atas AC Milan pada babak pertama Audi Cup di Allianz Arena, Rabu (31/7/2013).

Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini, memainkan penyerang anyarnya, Stevan Jovetic. Pemain yang diboyong dari Fiorentina ini langsung memberikan kontribusi positif setelah menjadi auktor di balik gol David Silva pada menit keempat.

Di dalam kotak penalti, Jovetic berhasil melepaskan umpan memanfaatkan umpan silang dari Micah Richards di sisi kiri pertahanan Milan. Silva menyambut umpan dari Jovetic dengan sebuah tendangan volley yang sulit dijangkau oleh kiper Marco Amelia.

Gol tersebut membuat City semakin percaya diri. Setelah melewatkan beberapa peluang, Manchester Biru kembali sukses membobol gawang Milan lewat aksi Richards pada menit ke-19.

Gol ini tidak terlepas dari kecerdasan Yaya Toure yang melepaskan umpan panjang kepada Richards. Begitu menguasai bola, Richards langsung merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan. Meski bola sempat ditepis Amelia, Richards kembali menguasai bola dan sukses menyarangkan si kulit bulat.

Berselang dua menit, Amelia untuk ketiga kalinya memunggut bola di gawangnya sendiri setelah gagal membendung tembakan Aleksandar Kolarov. Di sisi kanan pertahanan Milan, Jovetic memberikan bola kepada Kolarov. Pemain asal Serbia itu dengan cepat menggiring bola masuk ke dalam kotak penalti lawan dan melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke pojok kanan gawang Milan. Alhasil, City untuk sementara unggul 3-0.

Milan benar-benar rapuh pada laga ini. Mereka kembali kebobolan pada menit ke-33. Kali ini, Edin Dzeko-lah yang mencatatkan namaya di papan skor. Kembali dari sisi kiri pertahanan Milan, Jesus Navas melepaskan umpan silang yang disambut Dzeko dengan tembakan keras.

Dzeko kembali menunjukkan ketajamannya. Hanya berselang 3 menit, pemain asal Bosnia menciptakan gol indah. Di dalam kotak penalti, Dzeko dalam posisi membelakangi gawang menerima bola dengan dadanya. Dengan cepat, ia melepaskan tembakan keras yang membuat bola bersarang ke sisi kanan gawang.

Setelah gol ini, City terlihat kedodoran dan Milan berhasil memanfaatkannya. Sembilan menit jelang laga usai, Milan berhasil mencetak tiga gol balasan. Bomber andalan mereka Stephan El Shaarawy sukses mencetak dua gol pada menit ke-37 dan ke-39. Sementara satu gol lainnya diciptakan Andrea Petagna.

Susunan Pemain

Manchester City:  Joe Hart, Kolarov, Lescott, Garcia, Richards, David Silva, Yaya Tourè, Fernandinho, Jesus Navas, Dzeko, Jovetic
Pelatih: Manuel Pellegrini

AC Milan: Amelia, Antonini, Vergara, Zaccardo, Constant; De Jong, Traoré, Muntari; Boateng; El Shaarawy, Pentagna
Pelatih: Massimiliano Allegri