by

Cesc Fabregas Gemilang, Barcelona Bungkam Malaysia XI


Barcelona menyudahi rangkaian tur Asia mereka dengan kemenangan 3-1 atas tuan rumah Malaysia XI di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Sabtu (10/8).

Cesc Fabregas mengemuka sebagai bintang laga dengan kontribusi sebiji gol plus dua assist, namun sayangnya ia juga mendapat masalah engkel beberapa menit sebelum bubaran. Dampak cederanya baru diketahui nanti usai pemeriksaan medis.

Mengingat musim baru La Liga bakal bergulir sepekan lagi, pelatih Gerardo Martino menampilkan starting eleven berisikan nama-nama reguler meski harus kehilangan Lionel Messi dan Pedro Rodriguez yang terkendala cedera dalam kemenangan 7-1 atas Thailand di partai sebelumnya.

The Catalans langsung mendominasi sejak sepak mula, tapi peluang pertama hadir untuk kubu tuan rumah di menit ke-20. Memanfaatkan kesalahpahaman antara Gerard Pique dan Sergio Busquets, Norshahrul Idlan Talaha mencuri bola dan berusaha mengecoh Victor Valdes lewat tendangan chip, namun upayanya kandas oleh tiang.

Ancaman dari Malaysia XI membuat Barca tersentak dan makin menguasai alur permainan. Sempat kesulitan membongkar tembok kokoh  tuan rumah, Blaugrana akhirnya memecahkan kebuntuan tak lama usai laga melewati setengah jam. Menerima sodoran Neymar, Jordi Alba lantas mengirim umpan silang yang ditanduk masuk oleh Fabregas.

Keunggulan Barca cuma bertahan delapan menit. Kesalahan Alba mengantisipasi umpan panjang diagonal dari sisi kiri dimaksimalkan dengan baik oleh Mohd Amri Yahyah, yang melepas tembakan kencang nan akurat dari tepi kotak penalti.

Pasukan Martino toh sanggup memimpin lagi 2-1 dua menit menjelang turun istirahat berkat aksi istimewa Neymar. Mendapat bola dari Fabregas dalam posisi membelakangi gawang, sang bintang anyar dengan lihai melepaskan diri dari kawalan pemain bertahan Malaysia XI sebelum menaklukkan kiper tuan rumah.

Barcelona terus mengurung pertahanan Malaysia XI di babak kedua dan nyaris menambah angka lewat Cristian Tello, tapi tembakan sang winger muda yang turun sebagai pemain pengganti ini melebar dari sasaran.

Skor akhirnya bertambah menjadi 3-1 seperempat jam sebelum waktu normal habis. Fabregas melepas umpan chip terukur yang dikontrol dengan sempurna oleh Pique sebelum membobol gawang Malaysia XI.