oleh

Brasil, Argentina, Kolombia, Uruguay, Spanyol, Jerman, Belgia, Swiss menjadi unggulan Piala Dunia

FIFA telah mengumumkan alokasi pot untuk undian Piala Dunia 2014 yang bakal dilakukan pada Jumat (6/12) siang di Costa do Sauipe Resort, Mata de Sao Joao, Bahia.

Negara tuan rumah, Brasil, tergabung di Pot 1 bersama tujuh negara peringkat teratas Ranking FIFA per Oktober, yaitu Argentina, Kolombia, Uruguay, Spanyol, Jerman, Belgia, serta Swiss.

Dua negara Amerika Selatan yang tak masuk unggulan bakal masuk Pot 2 dengan lima wakil Benua Afrika, sedangkan utusan Asia, Oseania (untuk edisi ini mereka tak punya wakil karena Selandia Baru tersingkir di babak play-off), dan zona CONCACAF tergabung ke Pot 3.

Sementara itu, Pot terakhir diisi sembilan negara Eropa nonunggulan. Nantinya di antara mereka bakal diambil satu kontestan secara acak sebelum drawing digelar guna memastikan distribusi merata buat tiap-tiap pot.

Tim tersebut dipastikan bakal menghadapi satu kontestan unggulan dari Amerika Selatan untuk mengeliminasi kemungkinan adanya lebih dari dua representatif Benua Biru dalam satu grup.

Selanjutnya, akan diambil satu tim dari masing-masing pot untuk membentuk delapan grup berisi empat negara.

Pot 1:

Brasil, Argentina, Kolombia, Uruguay, Spanyol, Jerman, Belgia, Swiss

Pot 2:

Aljazair, Kamerun, Cili, Pantai Gading, Ekuador, Ghana, Nigeria

Pot 3:

Australia, Kosta Rika, Honduras, Iran, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Amerika Serikat

Pot 4:

Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Inggris, Prancis, Yunani, Italia, Belanda, Portugal, Rusia