oleh

Borussia Dortmund Menangi Ruhr-Derby

Borussia Dortmund Menangi Ruhr-Derby
Borussia Dortmund Menangi Ruhr-Derby

Derby-ruhr pertama di musim ini berakhir dengan kemenangan 3-1 Borussia Dortmund atas Schalke 04, Sabtu (26/10) dinihari WIB.

Hasil itu membuat Dortmund bisa terus menjaga selisih jarak dengan Bayern Munich di puncak klasemen.

Dortmund sejauh ini menduduki peringkat dua klasemen sementara Bundesliga Jerman dengan 25 angka, tertinggal satu poin dari Bayern, yang di Allianz Arena menang 3-2 atas Hertha Berlin.

Sementara Schalke harus puas berada di posisi lima dengan 14 angka, dan ada kemungkinan tersingkir dari posisinya bila VfB Stuttgart, Borussia Moenchengladbach, Hannover 96, VfL Wolfsburg dan Werder Bremen meraih tiga angka penuh.

Tampil menyerang sejak menit pertama, Dortmund langsung menguasai jalannya laga. Sebelum genap 15 menit laga berjalan, tim tamu pun bisa unggul 1-0.

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pencetak gol buat Dortmund ketika laga baru berjalan 14 menit. Dia melepas tendangan kaki kanan setelah mendapat umpan dari Marco Reus. Keunggulan ini bisa bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, enam menit setelah kick-off, Nuri Sahin menggandakan keunggulan tim tamu dengan kaki kirinya, menyambut umpan Henrikh Mkhitaryan.

Tapi, Max Meyer bisa memperkecil ketertinggalan di menit 62, meski kemudian tim tamu bisa kembali menjauh lewat aksi Jakub Blaszczykowski, yang memaksimalkan umpan terobosan Mkhitaryan lewat serangan balik cepat. Skor ini bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain:
Schalke 04: Hildebrand, Uchida, Howedes, Matip, Aogo, Kolasonac, Neustadter, Fuchs, Boateng, Draxler, Szalai
Subs: Hoogland, Fahrmann, Jones, Felipe Santana, Clemens

Borussia Dortmund: Weidenfeller, Grosskreutz, Subotic, Hummels, Schmelzer, Bender, Sahin, Aubameyang, Mkhitaryan, Reus, Lewandowski
Subs: Kirch, Papastathopoulos, Schieber, Blaszczykowski, Langerak