Bayern Munich Lumat Schalke 04 Empat Gol Tanpa Balas

Bayern Munich
Bayern Munich

Bayern Munich

Bayern Munich kembali menunjukkan kedigdayaan di hadapan Schalke 04. Melawat ke Veltins Arena pada pekan kelima Bundesliga, Sabtu (21/9), The Bavarians berjaya dengan keunggulan empat gol tanpa balas.

Dua gol dari Bastian Schweinsteiger dan Mario Mandzukic di babak pertama, ditambah sepasang lagi dari Franck Ribery dan Claudio Pizarro usai interval, membawa sang juara bertahan menyamai perolehan angka Borussia Dortmund di puncak klasemen. BVB sendiri sebelumnya tertahan seri 1-1 di markas Nurnberg.

Sama-sama mengemas keunggulan selisih gol +11, Die Roten untuk sementara masih harus puas menduduki posisi runner-up lantaran kalah baik dalam jumlah memasukkan (13 berbanding 16 milik Dortmund).

Selain menambah deret kemenangan beruntun atas Schalke menjadi tujuh, hasil ini juga memperpanjang unbeaten streak Bayern di Bundesliga, yang kini telah menyentuh angka 31 pertandingan, sama dengan rekor Die Borussen yang dibukukan dua tahun lalu.

Babak Pertama

Pelatih Schalke, Jens Keller, hanya melakukan satu perubahan dari starting line-up sebelumnya ketika mereka menggebuk Steaua Bucharest 3-0 di Liga Champions. Jermaine Jones kali ini tampil menemani Roman Neustadter di sektor tengah, sementara Marco Hoger mengawali laga dari bangku cadangan.

Sementara itu, Bastian Schweinsteiger yang sudah sembuh dari cedera turun sebagai starter di kubu Bayern Munich. Namun Basti tidak tampil mengisi posisi jangkar, melainkan menggantikan Thomas Muller sebagai pendamping Toni Kroos. Satu tempat di depan garis pertahanan Bayern sendiri kembali dipercayakan kepada kapten Philipp Lahm.

Status sebagai kubu tamu tak menghalangi skuat Pep Guardiola mengambil inisiatif untuk memegang kendali permainan sejak awal. Sedangkan Schalke, yang selalu tumbang dalam enam pertemuan terbaru dengan The Bavarians, lebih berkonsentrasi di pertahanan sambil sesekali mengintip kans menyerang balik.

Strategi tersebut mengantar Schalke menghasilkan kesempatan perdana di pertandingan ini pada menit keenam melalui tembakan Kevin-Prince Boateng yang masih dapat dimentahkan oleh Manuel Neuer.

Bayern gantian mengancam lewat percobaan Kroos usai menerima umpan tarik Arjen Robben, tetapi sepakannya masih luput dari sasaran. Selanjutnya Bayern terus mendominasi penguasaan bola. Meski beberapa kali terlihat kerepotan menerima counterattack cepat Die Knappen, Bayern akhirnya sukses memecahkan kebuntuan lebih dulu memasuki menit ke-21.

Schweinsteiger menandai comeback-nya bersama Die Roten dengan sebuah gol tandukan ke arah tiang jauh, menuntaskan tendangan penjuru Robben.

Hanya sesaat kemudian, publik Veltins Arena semakin membisu setelah kubu tamu memperbesar keunggulan. Franck Ribery beraksi menyisir sayap kiri sebelum menyodorkan bola kepada David Alaba, yang lantas mengirimkan umpan silang terukur untuk dituntaskan Mandzukic. Itu adalah gol keempat striker Kroasia tersebut di Bundesliga musim ini.

Memimpin 2-0, dominasi pasukan Guardiola semakin menjadi-jadi. Namun mereka gagal menambah skor lagi hingga turun minum. Sementara Schalke juga belum mampu menembus pertahanan tim tamu.

Babak Kedua

Bayern melanjutkan kontrol permainan selepas turun minum dan punya kans bagus untuk memimpin semakin telak pada menit ke-52.

Dari belakang, Alaba mengirim umpan kepada Lahm yang kemudian disambung sang kapten kepada Robben. Crossing dari nama terakhir asal Belanda ini menemui Mandzukic, sayang penyelesaian akhirnya kurang akurat.

Terus berada dalam tekanan, Schalke berusaha memukul balik dipimpin oleh aksi spekulatif Boateng melepaskan tembakan menuju tiang jauh gawang Neuer, tapi upayanya masih jauh dari sasaran.

Hal yang sama juga berlaku untuk percobaan Julian Draxler di menit ke-72, ketika sepakannya dari luar kotak penalti sama sekali tak membahayakan gawang The Bavarians. Semenit berselang, giliran Dennis Aogo melepas percobaan dari jarak jauh. Namun, seperti Boateng dan Draxler, kans ini pun tak menghasilkan apa-apa buat Schalke.

Tidak menghadirkan ancaman berarti buat Bayern, Die Konigsblauen pada akhirnya malah kebobolan untuk kali ketiga menginjak seperempat jam terakhir laga.

Kembali David Alaba bertindak sebagai kreator gol. Pemuda Austria tersebut membukukan assist keduanya yang kali ini dikonversi oleh Franck Ribery. Tertinggal 3-0, peluang Schalke untuk bangkit secara virtual sudah habis.

Mereka bahkan semakin terpuruk setelah jala gawang Timo Hildebrand bergetar lagi enam menit sebelum bubaran. Gol keempat sekaligus pengunci skor akhir 4-0 untuk Bayern ini terkreasi atas peran dua pemain pengganti. Claudio Pizarro, turun menggantikan Mandzukic, masuk papan skor melalui sontekan ringan memaksimalkan sodoran Thomas Muller, pengganti Robben.

Susunan Pemain:

Schalke (4-2-3-1): Hildebrand; Uchida, Howedes, Matip, Aogo; Jones, Neustadter; Farfan, KP Boateng, Draxler; Szalai.

Cadangan: Fahrmann; Felipe Santana, Meyer, Goretzka, Clemens, Hoger, Ayhan.

Bayern (4-1-4-1): Neuer; Rafinha, J. Boateng, Dante, Alaba; Lahm; Robben, Schweinsteiger, Kroos, Ribery; Mandzukic.

Cadangan: Starke; Van Buyten, Shaqiri, Pizarro, Kirchhoff, Muller, Contento.