Barca belum pernah menang saat mengenakan kostum Senyera

Barca belum pernah menang saat mengenakan kostum Senyera

‘Senyera’, sebuah lambang kebanggaan dan nasionalisme bagi publik Catalunya. Akan tetapi, ‘Senyera’ tak terlalu membawa hasil yang membanggakan ketika simbol garis-garis berwarna merah-kuning ini melekat di jersey away FC Barcelona di musim ini.

Dalam empat laga resmi, pasukan Gerardo Martino mencatatkan sekali kalah dan tiga kali imbang dan hanya sanggup mencetak dua gol. Terakhir, Barca takluk 1-0 dari Ahletic Bilbao pada Senin (2/12) dini hari WIB sehingga Neymar dkk. mengalami kekalahan perdana di La Liga Spanyol musim ini.

Empat laga itu belum termasuk dalam laga pramusim ketika jersey tandang ini menjalani debut ketika kalah 2-0 dari Bayern Munich yang sudah diasuh Pep Guardiola pada Juli lalu. Debut resminya baru terjadi saat leg pertama Supercopa Spanyol ketika Barcelona bermain imbang 1-1.

Hasil imbang tersebut yang menjadi tabungan istimewa sebab di pertemuan kedua mereka hanya bermain imbang tanpa gol sehingga Barca pun merebut trofi tersebut berkat aturan gol tandang. Di laga tersebut Neymar mencetak gol perdananya. Partai tersebut juga diingat karena Lionel Messi menderita cedera pertamanya di musim 2013/14.



Empat rangkaian hasil kurang memuaskan Barcelona saat mengenakan jersey ‘Senyera’.
Lanjut ke partai kedua, tepatnya di jornada 9 ketika Barcelona ditahan imbang tanpa gol oleh tuan rumah Osasuna. Ini adalah kali pertama Barca gagal mencetak gol dalam 65 pertandingan liga. Hasil imbang tersebut juga menggagalkan mereka untuk mencatatkan start terbaik sepanjang sejarah La Liga.

Pertandingan ketiga menggunakan ‘Senyera’ ini terjadi pada matchday 3 Liga Champions ketika Blaugranaditahan imbang 1-1 oleh AC Milan di San Siro. Partai tersebut menjadi satu-satunya partai di bulan Oktober di mana Messi mencetak gol.

Hasil 1-0 pada akhir pekan lalu ketika takluk dari Bilbao tersebut menjadi kekalahan perdana di liga sejak 2 Maret silam ketika kalah 2-1 dari Real Madrid. Terhitung dari sana dan sebelum laga di San Mames itu, Barca sudah memenangi 23 pertandingan dan seri tiga kali dalam 26 partai terakhir La Liga.

Uniknya, keempat lawan Barca tersebut menggunakan jersey bewarna merah. Jersey ‘Senyera’ ini memang laku keras di Catalunya, tapi juga mengasingkan mereka dari fans lainnya yang menganggap jersey tersebut sebagai alat politik presiden Sandro Rosell. Ganti warna jersey away untuk musim depan mungkin?


Cedera pertama Messi di musim ini terjadi saat ia mengenakan jersey away ini.