oleh

AS Roma gagal meraih poin penuh setelah bermain imbang tanpa gol saat menjamu Internazionale

AS Roma gagal meraih poin penuh untuk merapatkan selisih angka dengan Juventus di puncak klasemen sementara Serie A musim ini setelah hanya meraih hasil imbang tanpa gol kontra Internazionale di Stadio Olimpico, Minggu (2/3) dini hari WIB.

Babak pertama

AS Roma yang bertindak sebagai tuan rumah langsung melancarkan tekanan sejak awal laga dimulai. Beberapa kali pergerakan cepat Gervinho kerap merepotkan pertahanan Inter.

Penyerang asal Pantai Gading itu bahkan hampir membuka keunggulan Giallorossi di menit keenam andai sepakan kaki kananya yang menyambar umpan lambung Daniele De Rossi gagal diantisipasi Samir Handanovic.

Tak tinggal diam, giliran Inter menebar ancaman ke gawang Morgan De Sanctis melalui upaya yang dilesakan Mauro Icardi dan Ricardo Alvarez masing-masing di menit ke-15 dan 19, sayang sepakan keduanya masih belum menemui sasaran.

Seakan mendapat angin segar, Nerazzurri terus melancarkan tekanan. Hanya saja momentum itu gagal dimaksimalkan Yuto Nagatomo setelah tembakannya di menit ke-28 saat meneruskan umpan silang Esteban Cambiasso justru melambung di atas mistar.

Di menit ke-33, tandukan Radja Nainggolan di depan gawang Inter berhasil diteruskan Mattia Destro untuk membobol gawang Handanovic, namun dianulir setelah penyerang muda itu berada dalam posisi offside.

Kendati silih berganti menyerang, kedua kesebelasan masih belum mampu untuk membuka skor hingga laga babak pertama berakhir.

Babak kedua

Identik dengan paruh pertama, Roma kembali langsung mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua. Hanya saja pergerakan barisan penyerang mereka masih belum begitu efektif.

Kurangnya kontsibusi Ljajic selama laga berlangsung membuat dirinya ditarik keluar dan digantikan oleh Miralem Pjanic di menit ke-55. Memasuki satu jam permainan, tekanan beruntun yang dilancarkan Giallorossi tak kunjung membuahkan hasil.

Kans Roma untuk memecah kebuntuan datang di menit ke-67, saat Vasilis Torosidis mengirimkan umpan silang matang yang disambut tembakan Gervinho, sayang bola sedikit menyentuh kaki Rolando dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Tekanan tuan rumah terus berlanjut, menerima umpan cermat Radja Nainggolan di menit ke-75, Miralem Pjanic yang berdiri bebas di dalam kotak penalti masih gagal menaklukan Handanovic, yang memang tampil baik sepanjang laga ini.

Lima menit berselang Nainggolan kembali mengancam pertahanan Nerazzurri, kali ini melalui upaya tembakan jarak jauhnya yang masih melenceng di kanan gawang lawan. Hernanes melakukan hal yang sama bagi Inter di menit ke-84, namun eksekusinya masih mentah di tangan De Sanctis.

Tambahan waktu empat menit yang diberikan wasit di penghujung laga pun gagal dimaksimalkan kedua tim dan harus puas berbagi angka hingga laga usai.

Susunan pemain:

AS Roma (4-3-3): De Sanctis; Torosidis, Benatia, Castan, Romagnoli; Nainggolan, De Rossi, Strootman; Ljajic, Destro, Gervinho.

Internazionale (3-5-2): Handanovic; Rolando, Samuel, Juan Jesus; Jonathan, Guarin, Cambiasso, Alvarez, Nagatomo; Palacio, Icardi.