AS Roma Bungkam Fiorentina dengan skor tipis 2-1

AS Roma akhirnya kembali meraih kemenangan setelah membungkam tamunya Fiorentina dengan skor tipis 2-1, dalam lanjutan Liga Italia Serie A gionarta 15, Minggu (8/12) petang.

Kabar baik berhembus di kubu tuan rumah karena pangeran mereka, Francesco Totti, sudah pulih dari cedera dan disertakan dalam skuat laga kali ini. Sementara Fiorentina kembali memasang “si anak hilang”, Juan Vargas, untuk mengisi trisula di lini depan.

Babak Pertama

Laga dengan tempo tinggi langsung tersaji sejak sepakan awal dimulai. Kedua tim sama-sama bermain terbuka, meski Roma terlihat lebih menguasai jalannya laga. Serangan demi serangan datang slih berganti, tembakan keras Juan Cudrado di menit ke tiga dibalas Adem Ljajic dengan cara serupa semenit kemudian.

Karena permainan terbuka yang ditunjukkan kedua tim, tak ayal gol cepat pun terjadi. Kali ini tuan rumah mampu unggul terlebih dahulu, setelah penetrasi Gervinho di sisi kanan pertahanan Si Ungu mampu dikonversi dengan sempurna oleh Maicon di menit ke enam. Skor berubah 1-0 bagi Roma.

Tertinggal, Fiorentina langsung memberi respon. Dominasi penguasaan bola langsung berbalik menjadi milik mereka, Cuadrado yang beroprasi di sisi kiri pertahanan Tim Serigala jadi tumpuan utama.

Benar saja, keadaan berubah jadi sama kuat berawal dari pergerakan si pemain Kolombia. Nenad Tomovic kemudian mampu dengan mudah menyisir sisi kiri pertahanan tuan rumah dan melepaskan umpan mendatar ke dalam kotak penalti.

Seakan tak menemui sasaran, tanpa terduga Juan Vargas datang dari belakang dan melepaskan tembakan gledek untuk mengoyak jala Morgan De Sanctis! Skor kemudian berubah menjadi 1-1 di menit ke 29.

Setelah keadaan kembali sama kuat, tempo laga sontak menurun. Skor 1-1 pun bertahan hingga 45 menit pertama usai.

Babak Kedua

Pelatih Roma, Rudi Garcia, sadar jika tim asuhannya harus bermain lebih merapat untuk meladeni permainan diagonal Fiorentina. Hal itu langsung ia tunjukkan sejak sepakan awal paruh kedua dimulai. I Lupi kembali memegang kendali permainan.

Namun peluang pertama malah datang dari tim tamu, tapatnya di menit ke 49. Penetrasi hebat Manuel Paqual gagal dimaksimalkan Vargas dan Rossi di depan gawang. Roma kemudian membalas lewat aksi Gervinho di menit ke 55.

Pemain asal Pantai Gading ini benar-benar jadi aktor kunci kebangkitan Roma di babak kedua. Peluang Maicon yang masih digagalkan Neto di menit ke 63 serta tembakan keras Strootman yang masih menerpa mistar gawang, semua berasal dari sodorannya.

Puncaknya terjadi di menit ke menit ke 67. Gocekan mautnya di sisi kiri pertahanan La Viola berhasil menemui kaki striker pengganti, Mattia Destro. Lewat satu sentuhan pemain 22 tahun ini mudah saja menceploskan bola ke dalam gawang, Roma kembali unggul dengan skor 2-1.

Gol itu berarti spesial bagi sang pemain yang dalam laga ini melakukan comeback, setelah absen selama enam bulan akibat cedera.

Fiorentina mencoba bangkit di sisa 20 menit laga, namun sayang duet kokoh Mehdi Benatia – Leandro Castan dan ketangguhan De Sanctis di bawah mistar membuat usaha tim tamu sia-sia. Tak pelak, skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

I Giallorossi akhirnya kembali ke jalur kemenangan setelah nihil kemenangan dalam empat laga terakhirnya. Mereka mantap sebagai runner up untuk terus menguntit sang capolista sementara, Juventus.

Susunan Pemain

AS Roma: De Sanctis; Maicon, Benatia, Castan, Dodo; Pjanic, De Rossi, Strootman; Florenzi, Ljajic, Gervinho
Fiorentina: Neto; Tomovic, Gonzalo; Savic, Paqual; Ambrosini, Borja; Aquilani; Cuadrado, Rossi, Vargas