oleh

Arsenal Tumbangkan Marseille 2-0

Arsenal kian memantapkan posisi di tampuk Grup F setelah melibas Olympique Marseille dua gol tanpa balas dalam matchday 5 Liga Champions di Emirates Stadium, Rabu [27/11] dini hari WIB. Adalah Jack Wilshere yang menjadi protagonis kemenangan The Gunners berkat sepasang golnya.

Dengan demikian, Arsenal sekarang mengoleksi poin 12, meninggalkan Napoli dan Borussia Dortmund yang memiliki poin yang sama, yakni sembilan, di bawah The Gunners. Kondisi ini pun membuat skuat Arsene Wenger belum bisa dipastikan lolos dan masih harus melihat skenario dimatchday 6 mendatang.

Babak pertama

Arsenal langsung menggebrak di paruh pertama ini. Laga baru berumur semenit, skuat Arsene Wenger sudah mampu merobek gawang Olympique Marseille lewat sentuhan dari Jack Wilshere. Umpan manis Bacary Sagna sukses dikonversi Wilshere di box OM untuk membuka keunggulan 1-0.

Di menit keenam kembali Arsenal mampu membongkar pertahanan Marseille. Aaron Ramsey melakukan usaha tendangan jarak jauh. Tapi masih menghasilkan tendangan gawang bagi sang tamu.

Marseille membalas serangan Arsenal tadi dengan mendapatkan peluang bagus di menit ke-16. Hanya saja, tandukan dari Andre-Pierre Gignac masih melebar di sisi kiri gawang tuan rumah.

Pada menit ke-22 tim tamu mengejutkan tuan rumah ketika Gignac sukses memanfaatkan kesalahan intersep Ozil. Namun aksi Gignac yang berusaha melewati kiper Wojciech Szczesny belum berbuah gol.

Arsenal sejatinya berpeluang menggandakan keunggulan pada menit ke-36 menyusul penalti yang mereka dapatkan setelah Ramsey dijatuhkan di kotak terlarang oleh N’Koulou. Akan tetapi penalti yang dieksekusi oleh Mesut Ozil dapat dibaca oleh Steve Mandanda.

Wilshere berusaha membayar kegagalan penalti tadi dua menit sebelum turun minum. Namun sepakannya masih melambung tinggi.

Babak kedua

Tuan rumah di awal-awal babak kedua tetap mengambil inisiatif serangan. Di menit ke-52 Bacary Sagna bekerja sama dengan Giroud, nama pertama kemudian menghujam tendangan keras. Tapi melambung.

Dua menit berikutnya sang striker yang berkolaborasi dengan Ozil. Sayang, aksi penyerang Prancis itu masih melenceng dari sasaran.

Memasuki menit ke-63 Giroud dua kali memperoleh peluang bagus. Pertama tandukannya dapat dimentahkan Mandanda, bola kembali jatuh di kakinya, namun usaha yang kedua Giroud juga masih bisa dipatahkan kiper lawan.

Namun pada menit ke-65 usaha demi usaha Arsenal akhirnya berbuah hasil manis. Wilshere kali kedua mencatat namanya di papan skor setelah umpan silang Ozil diarahkan gelandang Inggris itu tepat ke sasaran.

Marseille berupaya memperkecil ketinggalan di menit ke-77 melalui Florian Thauvin. Namun usaha pemain muda Prancis itu sukses ditepis Szczesny.

Tiga menit menuju bubaran Arsenal masih seperti berusaha memperlebar jarak lagi. Santi Cazorla dari tiang jauh melepaskan sebuah tendangan yang sayangnya masih melenceng dari target.

Walcott juga hampir memberikan keunggulan tiga bola kepada Arsenal andai sontekan hasil kiriman dari Sagna menjurus tepat gawang Mandanda.

Sampai kedua tim bersalaman, Arsenal tetap unggul 2-0.

Arsenal Starting XI: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Ramsey, Flamini; Wilshere, Özil, Rosicky; Giroud.

Marseille Starting XI: Mandanda; Abdallah, Nkoulou, Mendes, Morel; Lemina, Romao, Imbula; J.Ayew, Gignac, Khalifa.