oleh

Arsenal Puncaki Klasemen Liga Inggris

Mesut Ozil
Mesut Ozil

Arsenal meraih kemenangan 3-1 kala meladeni Sunderland di Stadium of Light, Sabtu (14/9) malam WIB.

Pemain debutan Mesut Ozil menjadi bintang di laga ini dengan memberikan kontribusi maksimal sepanjang laga, termasuk di antaranya assists langsung atas gol Olivier Giroud di babak pertama.

Dengan hasil itu, Arsenal kini memuncaki klasemen Liga Primer Inggris dengan mengantungi sembilan angka dari empat laga.

Sementara Sunderland terdampar di dasar klasemen dengan hanya mengantungi satu poin sejauh ini.

Babak I

Sunderland menekan Arsenal sejak menit pertama. Tapi tim tamu juga berusaha membalas. Di menit sepuluh, Arsenal berhasil memecah kebuntuan.

Adalah Olivier Giroud sebagai pemecah kebuntuan. Tapi Mesut Ozil bisa dikatakan sebagai bintangnya, yang mengirim umpan matang untuk dituntaskan Giroud dengan tendangan kaki kiri.

Empat menit berselang, giliran Theo Walcott yang disuplai Ozil lewat umpan terobosan ke daerah pertahanan Sunderland. Tapi Walcott hanya bisa melepas tendangan ke arah Westwood.

Aaron Ramsey dan Jack Wilshere juga berturut-turut mendapat service dari Ozil. Belum ada gol kedua tercipta ke gawang Sunderland hingga setengah jam laga berjalan.

Babak II

Di awal babak kedua, Arsenal dikejutkan dengan keputusan wasit menjatuhkan sanksi penalti pada menit 48. Sanksi diberikan setelah Laurent Koscielny dianggap melanggar Johnson.

Chris Gardner yang maju sebagai eksekutor tak kesulitan menaklukkan Wojciech Szczesny dan Sunderland pun menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di menit 58, Sunderland bahkan sempat memimpin. Tapi gol yang dicetak Steven Fletcher dianulir karena terlebih dulu terperangkap offside. Tiga menit kemudian, bola juga nyaris masuk ke gawang Arsenal jika saja ada yang bisa memaksimalkan bola tendangan bebas rekan mereka.

Di menit 67, Arsenal kembali memimpin. Carl Jenkinson mengirim bola kepada Aaron Ramsey, yang dituntaskan dengan tendangan keras dari jarak jauh.

Di menit 69, gol Jozy Altidore dianulir oleh Martin Atkinson. Wasit tersebut menilai sebelum gol tercipta, Altidore dilanggar lebih dulu oleh Bacary Sagna. Penganuliran gol tersebut disesalkan kubu Sunderland, yang melakukan protes keras. Atkinson bisa dikatakan membuat blunder fatal di insiden ini.

Di menit 75, Ramsey kembali mencetak gol. Pemain asal Wales itu lebih dulu melakukan kerja sama apik dengan Giroud sebelum mengelabuhi Westwood.

Di 15 menit waktu tersisa, Sunderland terus menerjang pertahanan Arsenal. Tapi hingga berakhirnya laga, skor 3-1 untuk Arsenal bertahan.

Susunan Pemain
Sunderland: Westwood, Celustka, Colback, Roberge, Diakite, Vaughan, Mavrias, Ki, Johnson, Fletcher, Altidore. Pemain Pengganti: Mannone, Brown, Larsson, Gardner, Wickham, Cuellar, Borini.

Arsenal: Szczesny, Jenkinson, Gibbs, Sagna, Koscielny, Flamini, Ramsey, Wilshere, Ozil, Walcott, Giroud. Pemain Pengganti: Fabianski, Vermaelen, Monreal, Frimpong, Myaichi, Akpon, Gnabry.