oleh

Arsenal Kokoh Di Puncak Klasemen Setelah Kalahkan Swansea 2-1

Arsenal berlari sendirian di puncak klasemen Liga Primer Inggris berkat kemenangan 2-1 di markas Swansea City.

Aksi kedua tim di babak pertama jauh dari memuaskan namun Serge Gnabry sanggup memecah kebuntuan pada menit 58 yang ditambah Aaron Ramsey empat menit kemudian.

Swansea hanya bisa membayar satu gol melalui aksi Ben Davies delapan menit sebelum waktu normal habis hingga Arsenal pun dengan nyaman membawa pulang tiga angka dari Liberty Stadium.

Babak Pertama
Benteng Swansea City cukup kokoh di babak pertama hingga Arsenal terpaksa mengakhiri 45 menit pertama pertandingan dengan skor sama kuat tanpa gol.

Swansea lebih mengancam di awal babak ini, gawang The Gunners dua kali diancam di sepuluh menit pertama melalui aksi Canas dan Shelvey namun bola masih melayang di atas mistar.

Tempo pertandingan tidak terlalu tinggi namun perlahan Arsenal bisa menguasai keadaan. Sebuah peluang didapat Aaron Ramsey pada menit 16. Memanfaatkan umpan Wilshare, pemain muda Arsenal ini melepaskan tembakan keras namun menyamping.

Di masa tambahan waktu, Olivier Giroud mendapat peluang terbuka usai menerima Gnabry namun peluang baik ini gagal disempurnakan sang penyerang asal Prancis. Penyelesaian akhir jadi masalah bagi pasukan Arsene Wenger, mungkin akan terjadi perubahan di babak kedua di sektor tersebut.

Babak Kedua
Tidak mau kehilangan momen dengan tumbangnya dua tim raksasa dari Manchester, Arsenal terlihat lebih bergairah di paruh kedua pertandingan.

Klub London ini sukses membuka gol kemenangan pada menit 58. Sebuah kerjasama apik antara Giroud dan Ramsey menghadirkan umpan ke arah Gnabry yang diteruskan ke sisi kiri sekaligus menggetarkan gawang Vorm.

Unggul satu gol Arsenal semakin menjadi, dua menit berlalu giliran Mesut Ozil mengancam sayang pada situasi one-on-one, tendangannya masih bisa ditepis.

Pada menit 62 Arsenal menambah gol melalui Aaron Ramsey, Giroud kembali terlibat dalam proses gol ini. Kombinasi penyerang Prancis dengan Wilshere menciptakan posisi menguntungkan bagi Ramsey dan gelandang muda Arsenal ini melepaskan tendangan keras yang menghujam gawang Swansea untuk kali kedua.

Dua gol unggul Arsenal lebih santai dan percaya diri mengendalikan jalannya pertandingan, namun tidak diduga tuan rumah bisa membalas di menit 82.

Gol tuan rumah tercipta cukup manis, Ben Davies menerobos di sisi kiri dan melakukan gerakan memotong untuk menciptakan umpan satu-dua dengan Wilfied Bony yang dimasukkan mengganti Jonjo Shelvey dan gawang Arsenal pun tembus.

Gol ini membuat situasi berubah, kenyamanan The Gunners musnah karena Swansea semakin bernafsu mencari gol penyama kedudukan. Untuk memperkuat lini pertahanan Mesut Ozil pun ditarik keluar oleh Wenger yang memasukkan Monreal.

Keputusan Wenger ini terbukti tidak keliru karena hingga bubaran pertandingan kemenangan 2-1 bagi Arsenal tidak berubah dan mereka semakin kokoh di puncak klasemen.

Statistik Pertandingan

 
Swansea
SWANSEA
STATISTIK
PERTANDINGAN
ARSENAL
ARSENAL
10(3)
Tembakan (ke arah gawang)
10(4)
6
Pelanggaran
11
4
Tendangan Sudut
3
3
Offside
4
58%
Penguasaan Bola
42%
3
Kartu Kuning
2
0
Kartu Merah
0
2
Penyelamatan
2

Susunan Pemain:

 
ARSENAL  STARTING XI (4-2-3-1)

ARSENAL

 Szczesny
Sagna – Koscielny – Mertesacker – Gibbs

Ramsey – Flamini
Wilshere – Ozil – Gnabry
Giroud


Michu
de Guzman – Dyer – Routledge
Canas – Shelvey
Davies – Amat – Flores – Tiendalli
Vorm

SWANSEA

SWANSEA STARTING XI (4-2-3-1)