oleh

50Tahun Absen, Polandia Ancaman Baru di Euro 2016

news7up.com – Kegarangan Robert Lewandowski dalam beberapa tahun terakhir bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munchen menjadi berkah tersendiri bagi negara kelahirannya. Sang bomber berhasil mempertahankan konsistensi ketika bermain di tim nasional bersama para koleganya. Kegemilangannya itu membuat Polandia mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Eropa di Perancis, Juni ini.

Kemenangan terus didapatkan tim asuhan Adam Nawalka. Akibatnya, sejumlah kontestan lain di penyisihan grup nanti dipastikan sangat mewaspadai peningkatan grafik permainan yang dimiliki Polandia. Dalam lima laga ujicoba terakhirnya, mereka berhasil mengantongi empat kemenangan dan hanya satu mencicipi kekalahan usai ditekuk Belanda dengan skor tipis 1-2, Kamis (2/6/2016) lalu.
Kendati begitu, hal tersebut tidak menjadi persoalan besar bagi tim besutan Nawalka. Sebelum menghadapi pertempuran sesungguhnya di Perancis, Polandia pun akan menjalani satu laga ujicoba lagi dengan menjajal kekuatan Lithuania untuk pemanasan. Ambisi khusus pun dicanangkan Lewandowski sebagai penebus kegagalan mereka ketika menjadi tuan rumah bersama Ukraina, 2012 lalu.
Untuk itu, dirinya akan bekerja maksimal guna mengantar negaranya melangkah sejauh mungkin. “Semua orang di Polandia berpikir dan bermimpi bahwa kami akan pergi ke Perancis dengan memenangkan persaingan di Euro 2016. Kami juga yakin mampu melewati penyisihan grup dan melangkah ke babak selanjutnya. Kemenangann melawan Jerman membuat kami semakin percaya diri utnuk mendapatkan itu,” ujarnya.
Nantinya, Polandia sendiri akan kembali berhadapan dengan Jerman dalam persaingannya di Grup C. Dua tim lagi diisi Ukraina dan Irlandia Utara. Lewandowski pun optimis timnya mampu menekuk juara dunia 2014 itu untuk kedua kalinya. “Saya bermain dengan pemain Munchen setiap hari. Dan rata-rata mereka masuk kedalam timnas. Jadi saya cukup tahu tentang mereka,” jelasnya.
Bukan hanya Lewandowski kekuatan yang dimiliki Polandia. Tim tersebut juga mempunyai segenap pemain yang tengah bersinar dan menjadi andalan bersama klubnya masing-masing. Antara lain adalah Lukasz Fabianski yang menjadi kiper utama Swansea City serta Wojciech Szczesny yang bersinar bersama salah satu raksasa Serie-A, AS Roma. Di lini tengah, gelandang berpengalaman Sevilla, Grzegorz Krychowiak siap mengatur irama permainan timnya.

BERIKUT SKUAD POLANDIA DI EURO 2016:

KIPER: Lukasz Fabianski (Swansea), Wojciech Szczesny (Roma), Artur Boruc (Bournemouth)

BELAKANG: Thiago Cionek (Palermo), Kamil Glik (Torino), Artur Jedrzejczyk (Krasnodar), Michal Pazdan (Legia Warsaw), Lukasz Piszczek (Dortmund), Bartosz Salamon (Cagliari), Jakub Wawrzyniak (Lechia Gdansk)

TENGAH: akub Blaszczykowski (Dortmund), Kamil Grosicki (Rennes), Tomasz Jodlowiec (Legia Warsaw), Bartosz Kapustka (Cracovia), Grzegorz Krychowiak (Sevilla), Karol Linetty (Lech Poznan), Krzysztof Maczynski (Wisla Krakow), Slawomir Peszko (Lechia Gdansk), Filip Starzynski (Zaglebie Lubin), Piotr Zielinski (Udinese)

DEPAN:  Arkadiusz Milik (Ajax), Robert Lewandowski (Bayern Munchen), Mariusz Stepinski (Chorzow)

PELATIH: Adam Nawalka (Polandia)
BERIKUT JADWAL TIM POLANDIA DI EURO 2016:
TANGGAL*PERTANDINGAN*TEMPAT
12/06/2016*Polandia vs Irlandia Utara*Nice
17/06/2016*Jerman vs Polandia*Paris
21/06/2016*Ukraina vs Polandia*Marseille
GRUP C
Jerman
Irlandia Utara
Polandia
Ukraina