oleh

4 gol plus satu assist Luis Suarez antar Liverpool gilas Norwich 5-1

Usai menelan kekalahan mengejutkan dari Hull City, Liverpool langsung kembali ke trek kemenangan dengan menghajar Norwich City lewat skor komprehensif 5-1 di Anfield, Kamis (5/12) dinihari WIB.

Luis Suarez menambah rekor mengilapnya setiap berhadapan dengan The Canaries. Tak tanggung-tanggung, sekarang ia membuat empat gol dan mengirim satu assist buat Raheem Sterling! Bintang Uruguay itu pun melejit sebagai topskor sementara Liga Primer Inggris dengan total 13 gol.

The Reds sendiri masih tetap di peringkat keempat dengan nilai 27, berselisih tujuh dari pemuncak tabel Arsenal. Sedangkan Norwich menghuni posisi ke-16 dengan koleksi 14 angka.

Babak Pertama

Bernafsu untuk bangkit setelah ditundukkan Hull City akhir pekan lalu, Liverpool sempat berada dalam tekanan di awal laga ini. Norwich memberi ancaman dini melalui sepakan Johnny Howson yang melambung terlalu tinggi di atas mistar.

Kubu tuan rumah perlahan-lahan mulai menemukan ritme permainan mereka memasuki menit kesepuluh dan langsung memimpin tak lama berselang berkat gol indah Luis Suarez.

Bola halauan John Ruddy ditanduk kembali ke wilayah permainan Norwich oleh Martin Skrtel, dan El Pistolero yang mengambil si kulit bulat dari jarak sekitar 25 yard segera melesatkan tembakan voli deras merobek jala Canaries (15′).

Nyaris seperempat jam berselang, bintang Uruguay itu kembali masuk papan skor sekaligus menggandakan keunggulan The Reds usai mengonversi umpan tendangan penjuru Philippe Coutinho.

Belum cukup sampai di situ, Suarez menuntaskan hat-trick hanya lima menit kemudian.

Eks penggawa Ajax itu memamerkan trik cantik untuk melewati hadangan Leroy Fer, merangsek ke dalam kotak penalti dan menaklukkan Ruddy untuk ketiga kalinya melalui tendangan setengah voli.

Itu adalah hat-trick ketiga Suarez ke gawang Norwich dan meski laga masih tersisa sebabak lagi, poin penuh rasanya dalam jangkauan Liverpool.

Babak Kedua

Wajib mengejar marjin lebar, anak buah Chris Hughton berusaha mencari satu gol balasan cepat di menit-menit awal babak kedua.

Kesempatan mereka dapatkan melalui sundulan Sebastien Bassong menyongsong bola tendangan bebas Nathan Redmond, sayangnya upaya ini masih gagal menemui  sasaran.

Sementara itu, Liverpool sendiri belum berhenti berusaha memperlebar keunggulan. Di menit ke-57, skor “seharusnya” bertambah menjadi 4-0 untuk tuan rumah kalau Ruddy tak melakukan penyelamatan brilian terhadap tembakan keras Joe Allen ke arah sudut  atas gawang.

Beberapa saat kemudian, lagi-lagi Ruddy  beraksi untuk menggagalkan peluang Liverpool. Tendangan Suarez dari sudut sempit mentah di tangannya.

Kendati demikian, Ruddy pada akhirnya  takluk juga untuk keempat kalinya dalam laga ini di menit ke-74, dan kembali Suarez yang memaksa sang kiper bertekuk  lutut.

Tendangan bebas dari jarak sekitar 25  yard dieksekusi dengan indah oleh Suarez. Bola melewati pagar betis dan bersarang di pojok atas tanpa bisa dijangkau Ruddy.

Tujuh menit sebelum waktu normal habis, Norwich mendapatkan gol hiburan setelah Bradley Johnson membelokkan umpan silang Redmond ke dalam gawang Simon Mignolet dengan tandukannya. Namun, makna “gol hiburan” itu sendiri sirna karena setelahnya Liverpool menyarangkan gol kelima di menit ke-88.

Kali ini bukan Suarez yang masuk papan skor, tapi striker 26 tahun itu tetap berperan penting dengan menyumbangkan assist yang dituntaskan Raheem Sterling.

Susunan Pemain

Liverpool (4-2-3-1): Mignolet; Johnson, Agger, Skrtel, Flanagan; Allen, Gerrard; Sterling, Coutinho, Henderson (Alberto 70′); Suarez (Aspas 90+1′)

Cadangan: Jones; Toure, Sakho, Moses, Lucas

Norwich (4-5-1): Ruddy; Martin , Bassong, R.Bennett, Olsson; Howson, Johnson, Hoolahan (Josh Murphy 62′), Fer (Whittaker 72′), Redmond; Elmander (Hooper 69′)

Cadangan: Nash; Turner, Garrido, Becchio