oleh

2 Penjaga Gawang ini Nominasi Kiper Terbaik Euro 2016

Gianluigi Buffon dan Manuel Neuer layak jadi kiper terbaik piala eropa 2016

news7up.com – Piala Eropa 2016 telah memasuki babak perempat final. Dari sekian banyak kiper, ada dua calon kandidat terkuat menjadi penjaga gawang terbaik di turnamen empat tahunan.

Sosok pertama terletak dalam diri kiper Italia, Gianluigi Buffon. Penampilan bagus ditunjukkan kapten Gli Azzuri tersebut di Prancis. Dari tiga laga yang dijalani, Buffon belum sekalipun kebobolan.  Kiper klub Juvetus itu juga tercatat melakukan empat kali penyelamatan. Gawang Italia memang pernah sekali dibobol saat laga melawan Republik Irlandia. Tapi, saat itu gawang Gli Azzurri dikawal Salvatore Sirigu.

Satu kandidat lainnya berasal dari timnas Jerman. Siapa yang tak kenal dengan nama Manuel Neuer. Kiper Bayern Munich itu sukses menjaga gawang Jerman tak kebobolan dalam empat pertandingan. Catatan penyelamatannya juga sudah mencapai empat kali.

Jerman pun menjadi salah satu tim yang gawangnya belum kebobolan. Satu tim lainnya adalah Polandia.

Soal penampilan Buffon dan Neuer, pelatih kiper Jerman, Andreas Koepke, memberikan sanjungan tinggi.

“Mereka berdua merupakan penjaga gawang yang top, dua kiper terbaik di turnamen. Mereka mengomando pertahanan dan merupakan dua figur penting baik di dalam maupun di luar lapangan,” kata Koepke.

“Saya harus mengangkat topi pada Gigi Buffon untuk ketenangan yang sudah dia berikan dan bagaimana pentingnya dirinya untuk tim yang dibelanya. Manuel Neuer menginterpretasikan pertandingan dengan berbeda, jadi susah untuk membandingkan keduanya. Saya tak terlalu percaya dengan peringkat pemain.”

“Manuel selalu ingin memperbaiki permainannya. Selalu ada hal kecil yang bisa Anda tingkatkan. Dia sangat mengkritik diri sendiri seusai pertandingan,” imbuhnya.